LITERASI DIGITAL KABUPATEN PESAWARAN – PROVINSI LAMPUNG

Foto LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT–PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Halopaginews.com|Kamis, 9 September 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi, yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan memberikan sharing session.
Menjadi cerdas di era digital perlu memiliki peran di masyarakat dalam digital skill. Menurut Tiwi Dewanti, sebagai Ketua Progam Study SMK BPP Bandung dan Assesor BNSP, menjelaskan keterampilan digital adalah kemampuan yang dimiliki seseorang yang dapat menggunakan teknologi digital secara online. Ada lima digital skill yang perlu diketahui yaitu pencarian informasi, komunikasi dan kolaborasi, menciptakan konten, keamanan, dan memecahkan persoalan teknis. Sebagai pengguna internet maka perlu adanya manfaatkanlah teknologi digital, dan ubahlah diri anda menjadi lebih positif dan produktif. Dengan cara metode SWOT, strengths seperti asalah kreatifitasmu, weaknesses dengan melakukan kolaborasi, opportunities memanfaatkan kesempatan, dan threats jangan pernah takut karena setiap masalah pasti ada solusi.
Di era digital adanya rutinitas berinternet orang Indonesia yang sebagian besar masyarakat berkaitan dengan internet. Namun ketika sedang berinternet perlu yang namanya kebijakan privasi, salah satunya privasi keluarga. Kita jangan mencoba untuk mengumbar kartu identitas seperti KTP, SIM dan paspor. Meski begitu harus dibarengi dengan berperilaku aman di dunia online di antaranya selalu hindari posting data atau informasi yang lengkap, ingat dan simpan passwordmu, usai online pastikan selalu log off, waspadalah jika berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal, dan patuhi batasan umur yang telah ditetapkan di situs media sosial. Selain itu ada delapan tip aman berinternet yaitu sebelum terkoneksi pastikan gawai aman dari virus, menjaga data dengan sandi yang kuat, jangan asal klak-klik, buatlah kata sandi dengan huruf besar dan kecil, sandi harus dipastikan rahasia, awas apabila ada pengintip, menjaga pembayaran untuk bertransaksi, dan membekali anak berperilaku di internet.

Baca Juga :  Pimpin Upacara Wisuda Purnawira, Dandim: Tetap Jaga Silaturahmi Dan Komunikasi

Selasa, 26/10/21

Dilaporkan oleh : safril