LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG SELATAN – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Halopaginews.comRabu, 27 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaid. yang memberikan sambutan pembuka dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Menjadi generasi cerdas di era masyarakat digital saat ini Indonesia mengalami perkembangan alat komunikasi digital yang begitu pesat seperti teknologi informasi dan komunikasi. Menurut Edy Prihantoro, sebagai Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Jakarta, menjelaskan bahwa saat ini digital citizenship sebagai kemampuan mengelola dan memonitor prilaku dalam menggunakan teknologi yang di dalamnya terkandung beberapa hal untuk keamanan digital. Setiap orang bebas memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhanya, asal terjangkau jaringan. Kemampuan masyarakat yang cerdas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebaik mungkin untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, penggunaan media digital berkembang pesat, dan meningkat pula serangan terhadap penggunaan internet, sehinga harus selalu waspada dalam menggunakan internet.
Sebagai pengguna internet yang cerdas perlu memahami dan melindungi data pribadi di dunia maya karena itu sangat berharga yang perlu diamankan. Terdapat langkah-langkah melindungi identitas digital seperti pastikan memilih menggunakan identitas asli atau samaran saat mengelolah akun platform digital, amankan identitas utama yakni alamat surat elektronik, dan konsolidasikan identitas digital dalam berbagai platform yang dimiliki. Selain itu, pengguna internet cerdas hendaklah menghindari aksi penipuan digital yang kini sedang marak di Indonesia. Untuk cara menghindari dari aksi tersebut dengan cara menjaga jangan mudah percaya dengan penawaran, jangan keluarkan uang untuk mendapatkan hadiah, selalu jaga kerahasiaan informasi pribadi, dan jauhi software antivirus palsu.

Baca Juga :  Polda Lampung Hadiri Kegiatan Gebyar Seni Budaya

Jumat, 29/10/21

Dilaporkan oleh : safril