LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG SELATAN – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kamis, 28 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi. yang memberikan sambutan pembuka dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Perkembangan teknologi adalah hal yang tidak dapat dihindari dalam banyak hal perubahan, dibarengi hal itu sebagai pengguna internet penting untuk menajaga privasi dan keamanan di dunia digital. Menurut Arief Nugroho, sebagai Kepala Bidang Pemerintahan Berbasis Elektronik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung, menjelaskan setiap data tentang seseorang baik yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan nonelektronik harus dilindungi. Terdapat potensi kejahatan penyalahgunaan data pribadi seperti jual beli data, pendaftaran akun pinjam online, profiling untuk target politik, ambil alih akun, meretas akun layanan, dan kepentingan telemarketing. Maka dari itu, perlu adanya keamanan digital paling minimal dengan merahasiakan yakni kode passoword, nomer identitas, dan nomer kartu kredit. Dengan menerapkan cyber security, dapat mengurangi resiko ancaman dari tindakan kejahatan di dunia digital.
Selain itu, perlu diketahui cara aman menggunakan kata sandi seperti pastikan disekeliling kita tidak ada orang lain ketika membuka kata sandi, menutup layar ketika memasukan kata sandi, dan rutin mengubah kata sandi perangkat digital yang kita gunakan. Selain kata sandi terdapat juga fitur terbaru yakni fingerprint, fitur ini bekerja dengan cara menyesuaikan sidik jari pengguna ponsel agar bisa membuka ponsel. Seringkali dalam menggunakan perangkat digital, kita memiliki data-data yang penting seperti foto, video, dokumen dan arsip penting. Beberapa aplikasi yang cocok untuk fitur back-up data seperti Dropbox, OneDrive, dan iCloud. Selain pembahasan tersebut sebagai pengguna perlu mengaktifkan fitur antivirus, untuk perlindungan bagi berbagai perangkat digital.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

Sabtu, 30/10/21

Dilaporkan oleh : safril