Halopaginews.com.Rabu, 10 November 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa ini berjuang membebaskan diri dari segala bentuk kolonisasi. Perlawanan terhadap bentuk subjugasi dan dominasi ini, sayangnya, masih bersifat lokal karenanya kurang mampu membawa hasil yang maksimal. Wawasan adalah hasil mewawas, tinjauan, dan pandangan atau konsepsi cara pandang kita. Karena itu, wawasan kebangsaan ini identik dengan wawasan Nusantara dalam arti sebagai cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang meliputi perwujudan kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan. Rahmaddian sebagai Presidium PB HMI memaparkan, Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Dr. Garum, S.Pd.I., M.Pd sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lampung Selatan menjelaskan, literasi digital kemampuan mencari, menggunakan dan menyebarkan informasi dengan memerlukan kemampuan dalam membuat informasi dan evaluasi kritis, ketepatan aplikasi yang digunakan dan pemahaman mendalam dari isi informasi yang terkandung dalam konten digital. Dr. Dwi Haryani, S.Pd., M.Pd sebagai Kepala SMK Negeri Tanjungsari Lampung Selatan menuturkan, etika komunikasi digital yang harus diterapkan antara lain, selalu ingat tulisan adalah perwakilan dari kita, yang diajak berkomunikasi adalah manusia, mengendalikan emosi, menggunakan kesantunan, dan menghargai privasi orang lain. Key Opinion Leader oleh Inta Oceania sebagai Presenter menambahkan, dengan melakukan literasi digital kita bisa meningkatkan wawasan kebangsaan. Banyak pula hal-hal positif yang kita dapatkan jika kita menggunakan digital secara tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here