LITERASI DIGITAL KABUPATEN PASAWARAN– PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung, halopaginews.com

Kamis, 25 November 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Salah satu cara menjadi cerdas di era digital adalah dengan berliterasi digital. Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Budaya adalah keseluruhan yang kompleks, yang mana didalamnya mencangkup kepercayaan, pengetahuan, kesenian, hukum, moral, adat istiadat, dan kemampuan lainnya yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat. Annisa Chairiyah, S.Pd sebagai Wirausaha. Prinsip dasar literasi digital antara lain, pemahaman, faktor sosial, saling ketergantungan, dan kurasi. Manfaat literasi digital diantaranya, kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu, meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi, dan menambah penguasaan kosa kata individu, dari berbagai informasi yang dibaca, menurut Walmukminin, M.Pd sebagai Kepala SMAN 16 Padang.
Yosi Andika Putra, S.Kom sebagai Fungsionaris Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam menjelaskan, hal-hal yang dapat diperhatikan untuk mencegah kita menjadi korban penipuan digital yaitu menjaga data diri pribadi, jangan memberikan kode OTP, jangan mudah tergiur dengan hadiah, tidak mentransfer ke rekening pribadi, dan hanya percaya informasi dari situs yang resmi. Tidak ada yang lebih baik selain memiliki benteng untuk menghalau serangan siber yang masuk lewat gawai kita untuk mencuri data penting kita secara halus, tidak terasa, dan terlihat sah. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer menambahkan, terdapat langkah-langkah melindungi identitas digital, seperti pastikan memilih menggunakan identitas asli atau samaran saat mengelolah akun platform digital dan amankan identitas utama yakni alamat surat elektronik.

Dilaporkan oleh : safril