Kamis, 2 Desember 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc., sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar DAMPAK POSITIF BERMEDIA SOSIAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si., menjelaskan manfaat menggunakan internet sehat, antara lain privasi dan informasi pribadi terjaga keamanannya, lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan internet, mencegah bocornya data informasi pribadi, serta menghindari tindakan cyberbullying. Etika berinternet sehat, antara lain ikuti yang baik, jauhi yang buruk, sebarkan konten positif, beri ulasan positif, melaporkan intimidasi dan kebencian secara anonim, bersikap baik saat menanggapi komentar, serta berikan beberapa saran yang positif dan bermanfaat. Williya Meta, SE.I., MM., menjelaskan tantangan dunia pendidikan menghadapi era digital, diantaranya berpikir kritis, cakap berkomunikasi, literasi media yang valid, fasilitas teknologi, kreatif dan inovatif, serta memahami dan memanfaatkan teknologi. Hal paling penting dalam penerapan pendidikan era digital terletak pada kesiapan lembaga pendidikan dan pengajar yang akan mentransfer ilmu kepada anak didiknya. Para pengajar harus lebih dulu berdaptasi dengan teknologi sehingga dapat membimbing anak didik untuk mengetahui, memahami dan memanfaatkan teknologi yang ada sesuai dengan konteks pembelajaran.
Ahmad Masrur Firosad, menjelaskan dampak positif penggunaan internet, meliputi media sumber informasi, media komunikasi, media pertukaran data, media bisnis, media pendidikan, serta media untuk berkarya. Konten positif merupakan konten yang bermuatan nilai-nilai untuk mengedukasi dan menginspirasi masyarakat. Konten positif di internet, meliputi konten inspiratif, konten edukatif, konten informative, serta konten menghibur. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ichal Faisal sebagai Broadcaster yang memberikan sharing session, mengenai banyak dampak positif yang ada di ruang digital. Masyarakat dapat memanfaatkan ruang digital sebagai wadah untuk berkarya dan usaha yang menguntungkan. Jangan sampai membuat lupa diri di ruang digital dan menjadi pelaku kejahatan di ruang digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here