Halopaginews. Com
Kamis, 2 Desember 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc., sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KIAT-KIAT MELAWAN HOAKS yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Firdaus, menjelaskan ciri-ciri hoax, meliputi menciptakan kecemasan, kebencian, permusuhan, sumber tidak jelas dan tidak ada yang bisa dimintai tanggung jawab atau klarifikasi, pesan sepihak, menyerang dan tidak netral atau berat sebelah, mencatut nama tokoh berpengaruh atau pakai nama mirip media terkenal, serta memanfaatkan fanatisme atas nama idiologi, agama, dan suara rakyat. Cara memverifikasi berita hoaks, antara lain penelusuran sumber dan gambar, mengecek kredibilitas narasumber, periksa fakta, ikut serta grup anti hoaks, serta perhatikan situs berita kredible melaporkan berita tersebut. Dr. Ir. Yuhefizar, S.Kom., M.Kom., menjelaskan tips bermedia sosial, antara lain hindari membagikan sesuatu sebelum teliti dengan baik kevalidan dan manfaat beritanya, biasakan memberikan komentar dan membalas komentar dengan baik, berfikir sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, serta sadari bahwa jejak digital sulit untuk dihilangkan.
Rido Putra, M.Ag., menjelaskan tips bagi orang tua anak dapat aman berinternet, antara lain memberi pemahaman pada anak tentang bahaya internet, mendampingi anak atau selalu mengawasi anak ketika mengakses internet, memberi batasan waktu dalam mengakses internet, menanamkan nilai-nilai sosial pada diri anak yang akan memfilter dampak negatif internet, serta melakukan banyak aktifitas bersama anak. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Tya Yustia sebagai Konten Kreator dan TV Presenter yang memberikan sharing session, mengenai seluruh masyarakat harus berperan dalam melawan hoaks, jangan sampai masyarakat menjadi korban bahkan pelaku yang menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya. Masyrakat juga harus cerdas dalam memilih berita yang baik dan berita yang dapat menimbulkan kontroversi dan terdapat provokasi. Bijak di ruang digital dengan mengakses internet secara positif dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here