Foto, Wakil Walikota Metro, Buka Seminar Nasional Dengan Tema Cegah Stunting PTPK
Foto, Wakil Walikota Metro, Buka Seminar Nasional Dengan Tema Cegah Stunting PTPK

Kota Metro-(HPN)- Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman didampingi Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra Buka Seminar Nasional dengan tema cegah stunting sejak calon pengantin serta peresmian perguruan tinggi peduli kependudukan (PTPK), di Gedung HI Lt. 2 Universitas Muhammadiyah Metro, Kamis (23/06/2022).

Kondisi stunting merupakan suatu kondisi gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan, dan kondisi tersebut tentunya akan menghambat tercapainya visi Indonesia dalam mewujudkan generasi Indonesia sebagai generasi emas tahun 2045.

Foto, Wakil Walikota Metro, Buka Seminar Nasional Dengan Tema Cegah Stunting PTPK
Foto, Wakil Walikota Metro, Buka Seminar Nasional Dengan Tema Cegah Stunting PTPK

Dalam kesempatan tersebut Ketua Panitia Prayitno Kepala Dinas PP PA PP & KB dalam laporannya menyampaikan, tujuan diadakannya seminar yakni guna mewujudkan generasi emas di Kota Metro yang harus terus didorong sehingga cita-cita mewujudkan Gemerlang, generasi cerdas yang mempunyai daya saing di tingkat nasional dan global dengan mengedapankan nilai-nilai agama dan ideologi Pancasila maka kualitas sumber daya manusia Kota Metro perlu dipersiapkan sejak dari awal kehidupan.

Baca Juga :  Assisten 1 Pemkot Metro Supriyadi, Vaksinasi Kota Metro Tertinggi Se-Provinsi Lampung

Sementara Rektor UM Metro Jazim Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas PP PA PP & KB Kota Metro yang telah memberikan kepercayaan kepada UM Metro sebagai tuan rumah Seminar Nasional dan peresmian perguruan tinggi peduli kependudukan (PTPK), dengan harapan kegiatan tersebut bukan semata seremonial saja melainkan berkelanjutan.

“Pada hari ini akan diadakan seminar nasional terkait cegah stanting sejak calon pengantin, untuk itu kami mengundang peserta mulai dari siswa-siswi SMA/SMK hingga para guru agar mendapatkan pengetahuan sejak dini, semoga bermanfaat bagi diri sendiri, kerabat dan lingkungan dengan menyebarluaskan kepada orang sekitar,” harapnya.

Qomaru Zaman menerangkan bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Metro adalah dengan mencanangkan gerakan peran serta dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan anak dan ibu yang berkualitas dalam bentuk Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (JAMA PAI) yang telah dicanangkan pada tanggal 29 Juni 2021 lalu, pada saat Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 28.

Baca Juga :  Pemkot Metro Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

“Harapan kami Seminar ini menjadi salah satu media untuk mengedukasi para kaum muda bahwa masa depan Bangsa dalam upaya mencetak Generasi Emas Cemerlang tahun 2045 menjadi tanggungjawab kaum muda, untuk itu perencanaan dalam hidup berkeluarga dan upaya menyiapkan generasi penerus bangsa harus dimulai sejak saat ini, dengan memberikan edukasi baik kesehatan reproduksi, kesehatan mental, agama, moral dan sebagainya,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan menjadi simbol tumbuhnya Perguruan Tinggi yang menghasilkan kader bangsa yang peduli terhadap lingkungannya dan Perguruan Tinggi yang senantiasa mendorong gerakan Mahasiswa dalam bingkai gerakan Mahasiswa Peduli Stunting (Mahasiswa Penting).

Turut hadir Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting, Rektor IAIN Jurai Siwo, Ketua TP.PKK Kota Metro, para Nara Sumber dan seluruh Peserta Seminar. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here