Foto, Anggota DPRD Lamtim Pahrudin, Hadiri Semarak Germas Fair di Desa Nibung
Foto, Anggota DPRD Lamtim Pahrudin, Hadiri Semarak Germas Fair di Desa Nibung

Lampung Timur-(HPN)-  Anggota DPRD Lampung Timur Ketua Fraksi Golkar Pahrudin SM menghadiri dalam acara Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Desa Nibung, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur Tahun 2022, Sabtu (6/8/22)

Tampak Hadir Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo diwakili oleh Ketua TP-PKK Lampung Timur Yusbariyah Dawam Rahardjo, Anggota DPRD Ketua Fraksi Lampung Timur Pahrudin SM, Kepala Dinas Kesehatan Beserta Jajaran, Ketua DWP Lampung Timur, Kapolsek Gunung Pelindung,Danramil Gunung Pelindung, Camat Marga Sekampung, Forkopimcam Kecamatan Marga Sekampung, Ketua TP PKK Kecamatan Gunung Pelindung,Ka UPT Puskesmas Way Mili,Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Kader se kecamatan Gunung Pelindung, Saka Bakti Husada Pangkalan  Gunung Pelindung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Foto, Forkopimda
Foto, Forkopimda

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Lampung Timur Yusbariyah Dawam Rahardjo, menyampaikan dalam acara Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)di Desa Nibung Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur tahun 2022,”ujarnya.

Sehingganya, kegiatan ini menindak lanjuti Instruksi Presiden No.1 Tahun 2017 dan Peraturan Bupati Lampung Timur nomor 48 tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Kabupaten Lampung Timur, “jelasnya.

Foto, Lomba Senam Lampung Timur Berjaya
Foto, Lomba Senam Lampung Timur Berjaya

Maka itu, perlu adanya gerakan untuk mewujudkan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dan Implementasi  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Sedangkan 7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang harus dilakukan adalah dengan Melakukan Aktivitas Fisik
Makan Buah dan Sayur, Tidak Merokok,
Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol,
Melakukan Cek Kesehatan Berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan, Menggunakan Jamban,

Baca Juga :  Satu Warga Gondangrejo Positif Covid-19

Terkait menggunakan Jamban hari ini akan diadakan Deklarasi STBM/Sanitasi total berbasis masyarakat  5 Pilar ( Tidak BAB disembarang tempat, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman,” terangnya.

Pengamanan sampah rumah tangga dengan benar dan pengamanan limbah cair rumah tangga dengan aman, semoga dengan deklarasi ini dapat merubah perilaku masyarakat kita dari  yang kurang sehat menjadi kearah perilaku yang lebih sehat.

Salah satu prioritas pembangunan kesehatan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 adalah percepatan perbaikan gizi khususnya menurunkan prevalensi Stunting khususnya di lampung timur yang tahun 2023 menjadi lokus stunting dengan jumlah 15 desa lokus yang ada di Kecamatan Gunung Pelindung ada 1 desa yaitu Pempen.

Di Kabupaten Lampung Timur prevalensi stunting 2019 : 1,23% dan ditahun 2020 : 5,7% terjadinya peningkatan dikarenakan sistim pencatatan dan pelaporan kita yang sudah berjalan dengan baik dimana ditahun 2020.

“Kita sudah menggunakan aplikasi EPPGBM (Pencatatan dan Pelaporan Gizi berbasis Masyarakat) dan ditahun 2022 ini, sudah dikeluarkan SK Bupati nomor B.222 / 10-SK/2022 tentang Penetapan Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting Di Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga :  Aksi Todong dan Rampas Hp Milik Anak-anak

Marilah sama- sama kita jadikan sebagai  pedoman dan kita terapkan dalam melakukan pencegahan dan penurunan Stunting di Kabupaten Lampung Timur, “tuturnya.

Dan dukungan kita untuk mencegah Stunting dalam masa kehamilan sampai anak berusia 2 tahun yaitu dengan mendukung ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang dalam jumlah yang cukup.

Membantu ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya kepada fasilitas pelayanan kesehatan, dan mengingatkan ibu hamil untuk minum tablet tambah darah teratur setiap hari.

Membantu ibu hamil untuk dapat melahirkan di fasilitasi kesehatan dan ditolong oleh tenaga kesehatan dan mendukung pelaksanaan Inisiasi menyusu dini(IMD) dan pemberian  ASI Eklusif.

Berperan aktif dalam pelaksanan posyandu dan mengajak ibu hamil, ibu dan anak balita agar menimbang di posyandu dan membantu tenaga Kesehatan dalam mendampingi ibu hamil dan  penanganan balita kurang gizi.

Ikut mempromosikan dan melaksanakan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan nya terkait ini hari ini kita adakan sosialisasi pembuatan ECO ENZYME yaitu pemanfaatan sampah dapur (buah dan sayur) yang bermanfaat dalam kehidupan sehari hari dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Perlu diketahui, Anggota DPRD Ketua Fraksi Golkar Lampung Timur Pahrudin,SM, berpesan kembangin lomba senam berjaya lampung timur pada saat pembagian doorprize ke pemenang juara lomba senam.  (Eko)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here