Kantor Bahasa Provinsi Lampung Bersama FTBM Lampung Sukses Adakan Diseminasi Gerakan Literasi

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung-(HPN)- Salah satu rangkaian acara dari perayaan bulan bahasa yang diadakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Lampung yaitu, mengadakan seminar bertajuk ‘Diseminasi Gerakan Literasi di Provinsi Lampung, pada Kamis (20/10/2022).

Bertempat di Jaya Bakery Cafe, acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Lampung, Desi Ari Pressanti, S.S., M.Hum sekaligus memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Desi menyampaikan bahwa program seminar ini merupakan salah satu program unggulan Kantor Bahasa Provinsi Lampung untuk sama-sama bersinergi meningkatkan budaya literasi di provinsi ini.

Hal itu selaras dengan materi yang dipaparkannya saat sesi pemaparan materi oleh narasumber berlangsung. Dari 6 jenis literasi, Kantor Bahasa Provinsi Lampung menitikberatkan pada literasi baca dan tulis.

“Jadi dari sekian banyaknya jenis literasi, Kantor Bahasa Provinsi Lampung bergerak lebih banyak di literasi baca tulis,” ungkap Desi Ari Pressanti, S.Sos., M.Hum.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

Tanpa adanya kemampuan membaca dan menulis, maka literasi lainnya pun akan sulit dicapai seperti literasi finansial, literasi numerasi, dan literasi sains.

Selain dari Kepala Kantor Bahasa Lampung, seminar juga diisi oleh 2 narasumber lainnya yakni Anggota DPRD Provinsi Lampung H. Ade Utami Ibnu, S.E, dan KanwilΒ  Kemenkumham Lampung Edi Kurniadi.

Ketiga narasumber memaparkan peran dari masing-masing institusi dalam gerakan literasi. Kantor Bahasa Lampung yang fokus dalam bidang bahasa melalui literasi baca dan tulis, DPRD dalam perannya sebagai lembaga legislatif menerima suara pegiat literasi, dan Kemenkumham dalam hal legalitas komunitas literasi.

Semuanya bersinergi untuk kemajuan dan perluasan daerah ramah literasi di seluruh daerah di Lampung.

Bekerjasama dengan Forum TBM Lampung, Kantor Bahasa Lampung mengundang peserta seminar dari Perpusda Provinsi Lampung dan pegiat literasi berbagai daerah. Pegiat literasi Bandar Lampung, Lampung Timur, Metro, Tanggamus, Lampung Utara, Tulang Bawang, Mesuji, Pesisir Barat, Way Kanan, dan Lampung Barat.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG BARAT – PROVINSI LAMPUNG

Acara yang dilaksanakan secara kolaborasi dengan Forum TBM Lampung ini, dimulai pada pukul 09.00 WIB selesai pukul 11.30 WIB. Ditutup dengan penandatangan MOU antara FTBM Lampung dengan Kantor Bahasa Provinsi Lampung.

Masih di hari yang sama, pukul 13.00 dilanjutkan dengan acara Sosialisasi Pemetaan Jumlah Komunitas Literasi di Provinsi Lampung.

Dalam sosialisasi, Erwin Wibowo perwakilan dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung mengharapkan agar komunitas literasi di seluruh Lampung dapat terdata dengan mengisi borang yang telah disediakan.

Data tersebut akan sangat berperan bagi komunitas literasi, contohnya saat akan ada hibah buku dan hibah dalam bentuk lainnya. (***)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum