Panen Raya Jagung Mitra Kelompok Tani Ngudi Asri Makmur Binaan Kodim 0411/KM

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. diwakili Kasdim Mayor Inf. Bagus Setiawan,S.Sos. hadir dalam kegiatan Panen Raya Jagung Mitra Kelompok Tani Ngudi Asri Makmur Binaan Kodim 0411/KM bertempat di Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro. Senin (07/11/2022)

Kegiatan yang merupakan realisasi mewujudkan ketahanan pangan seluas LK 7.500 Meter tersebut dihadiri pula oleh Walikota Metro dr. Wahdi yang diwakili Kabid Tanaman pangan dan Hortikuktura, Herman Susilo, Pembina Kelompok Tani DR. Kusbani, Ketua Kelompok Tani Ngundi Asri Makmur, Pakde Wanto, Pasi Intel Dim 0411/KM Kapten Czi Yatiman, Pjs. Pasi Pers Kapten Inf. Sapji, Danramil 411-03/MS Kapten Inf Tri Yuli P., Babinkamtibmas Polsek Metro Barat, Sekcam Ganjar Asri, Muhkrim, Anggota Kodim 0411/KM dan Koramil 411-03/MS, Lurah Ganjar Asri serta Anggota kelompok Tani Ngudi Asri Makmur.

Pada kesempatan tersebut sambutan Walikota Metro/yang diwakili Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura mengatakan, “Di Kota Metro, karena kita ada dua aliran irigasi yakni aliran dari Sekampung Batanghari dan Sekampung Bunut, maka kita bisa dua kali tanam padi minimal di dalam satu tahunnya. Dan di sela-sela itu biasanya para petani kita menanam palawija, jadi antara musim satu dan musim 2 itu yang ditanam petani adalah palawija,” ucapnya.

“Terima kasih untuk satuan Kodim 0411/KM yang sudah mempunyai terobosan baru berupa memanfaatkan tanah yang mungkin tidak produktif atau tanah/lahan tidur menjadi lahan produktif,” lanjutnya.

Baca Juga :  Dandim 0411/KM Bersama Bupati Lamteng, Resmi di Buka TNI TMMD di Kampung Bina Karya Buana

Selanjutnya dalam sambutan Dandim 0411/KM, Kasdim Mayor Inf. Bagus Setiawan,S.Sos. mengatakan, “Dandim sudah memerintahkan jajaran Babinsa agar terjun ke masyarakat untuk mendata sekaligus memanfaatkan lahan-lahan tidur agar digunakanlah dan ditanami, salah satunya adalah tanaman jagung, padi mungkin juga kedelai atau bawang, sehingga dapat menjaga ketahanan pangan di wilayah Kota Metro,” ucap Kasdim.

“Sekarang ini kita tahu bahwa angka inflasi makin lama makin naik, hal ini yang harus diantisipasi oleh TNI Angkatan Darat dalam menjaga kesejahteraan masyarakat, sehingga apa yang menjadi pandangan atau prediksi orang-orang atas bahwa akan terjadi krisis pangan tidak terjadi di wilayah kita. Kita semua berharap dengan adanya keikutsertaan TNI di bidang pangan dan ikut serta terjun langsung berbaur dengan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

“Semoga apa yang sudah kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bisa dijadikan contoh oleh masyarakat kita,” jelasnya.

Bahwa kalau kita mau berbuat walaupun hanya sempit kalau kita mau bisa, kegiatan hari ini atas kemitraan dengan Kodim 0411/ KM, semoga kedepannya, kemitraan ini tetap berjalan dan semoga apa yang kita cita-citakan dapat berjalan dengan baik. Itu saja yang perlu saya sampaikan terima kasih atas perhatiannya,” pungkasnya.

Baca Juga :  Babinsa 411-/08 Rumbia Bersama Masyarakat Kampung Restu Buana Lakukan Penyemprotan Gulma

Sementara itu dalam sambutannya, Pembina Kelompok Tani Ngundi Asri Makmur DR. Kusbani mengatakan, “Alhamdulillah pada hari ini kita bisa berkumpul dan bersilaturahmi di tengah-tengah persawahan ini dalam suasana santai, mudah-mudahan ini juga menjadikan ikatan batin kita semakin kuat,” bukanya.

“Mohon maaf kadang kalau saya ngobrol dengan Pak Dandim juga ya bahasane Jawa, jadi saya sudah terbiasa mulai dari Jogja dulu ya seperti ini, namun semuanya agar tidak ada jarak antara satu dengan yang lain, saya selalu menasehati kepada teman dan rekan yang lagi pusing tentang ekonomi, berhenti dulu, jangan kemana-mana, nggak usah nengok yang lebih tinggi, jadi saya katakan duduk dan tidur, lalu di tempat tidur itulah mulai untuk berfikir, nanti setelah bangun tidur barulah laksanakan apa yang kita fikirkan, dan bersemangat untuk mewujudkannya,” lanjutnya.

“Jangan putus asa tanam hari ini gagal, kapok sudah enggak akan ketemu hasilnya, namun dari kegagalan itulah seharusnya kita mencari solusinya, kemudian baru kita berbuat supaya berikutnya nanti tidak terjadi kegagalan, liku-liku perjalanan dari 0,9% sekarang sudah berjalan ke tiga persen sudah sudah ada peningkatan yang luar biasa, apalagi sekarang kita didampingi Pak Dandim dan jajarannya, beliau-beliau sudah ikut berpanas-panasan, “Alhamdulillah hasil panen kelompok kita saat ini tembus 200 juta, enggak main-main ya,”pungkasnya. (Rilis)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum