Genpi Luncurkan Aplikasi Lelana, Disaksikan Menteri Sandiaga dan Wali Kota Gibran

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Jawa Tengah-(HPN)- Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) meluncurkan aplikasi Lelana dalam acara pembukaan Rakornas Genpi ke-3 di Solo, Sabtu (5-11/2022).

Aplikasi Lelana diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, bersama Walikota Surakarta Gibran Rakabuming dan Bupati Maros Chaidir Syam.

Menteri Sandiaga Uno mengunduh aplikasi Lelana dari Play Store melalui Tablet di hadapan 230 peserta Rakornas dari 18 Provinsi yang hadir dan seluruh anggota Genpi di seluruh penjuru negeri yang menyaksikan secara daring melalui aplikasi zoom.

Menparekraf Sandiaga, dalam sambutannya, menyambut baik kehadiran aplikasi tersebut. Sandiaga berharap anggota Genpi turut serta secara aktif memasarkan berbagai daya tarik wisata melalui aplikasi Lelana.

“Saya berharap semua anggota Genpi aktif mempromosikan daya tarik wisata di Indonesia melalui aplikasi ini,” ujar Sandiaga.

“Kemenparekraf meningkatkan target pergerakan wisatawan dalam negeri hingga 1,4 miliar kali pada tahun 2023. Aplikasi ini sejalan dengan target tersebut,” Jelasnya.

Baca Juga :  Kontingen Porwanas PWI Lamtim Dilepas Asisten Dua

“Saya pikir, aplikasi ini juga bisa menyerap tenaga kerja baru di sektor pariwisata. Akan ada banyak member Genpi yang terlibat, dan juga desa wisata. Semoga aplikasi ini turut membantu target kami menyerap 4,4 juta tenaga kerja baru di sektor pariwisata di tahun 2023 mendatang,” Pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Genpi Nasional, Mbak Jhe mengatakan, Genpi terus berkomitmen dalam mendukung promosi pariwisata Indonesia khususnya melalui berbagai aktifitas digital.

“Eksistensi Genpi dalam Go Digital semakin mantab di tahun ketujuhnya dengan peluncuran aplikasi Lelana ini,” Ujar Mbak Jhe.

“Lelana merupakan aplikasi yang dibuat oleh Genpi bekerjasama dengan Kotak Kreatif Indonesia untuk menghimpun data paket wisata dari seluruh Indonesia. Bukan hanya paket wisata, Lelana juga akan menyajikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh calon wisatawan.” Mbak Jhe memaparkan.

Bahkan aplikasi ini, Jhe menambahkan, akan menjadi ruang interaksi bagi anggota Genpi, serta galeri sekaligus marketplace untuk karya karya komunitas seperti foto destinasi, acara, atau daya tarik wisata lainnya.

Baca Juga :  Walking Tour Kota Solo Menjadi Pembuka Rangkaian Rakornas Genpi

“Lelana adalah bentuk kolaborasi Genpi dengan pelaku wisata, dengan berbagai platform digital, bersama pemerintah daerah, asosiasi pariwisata, dan juga para pelaku industri kreatif. Nantinya, melalui aplikasi ini, calon wisatawan bisa bertransaksi langsung.

Hadirnya Lelana, menurut Mbak Jhe, diharapkan bisa menjadi jembatan bagi pemilik paket wisata dengan pasar wisatawan baik secara langsung maupun melalui partner Lelana.

“Sebelum ini, Genpi telah menandatangani MoU Kerjasama dengan Platform Pleseer. Genpi akan terus memperluas kerjasama untuk mendukung semakin banyaknya cara untuk mendekatkan produk wisata pada market yang relevan,” imbuhnya.

“Kedepannya, kami akan terus memperluas kerjasama, menambah kapasitas kontributor paket wisata, menghadirkan informasi terbaru, serta memperluas jaringan pemasaran,” Pungkasnya. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum