Dukung Pemberantasan PMK, Babinsa Koramil 06/Purbolinggo Dampingi Vaksin Hewan Ternak

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Kodim 0429/Lamtim Kopda Andi Anfari dampingi vaksin tahap I Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Dusun IV, Desa Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggo, Rabu (18/1/2023).

Layaknya vaksin Covid-19, vaksinasi PMK ini juga memiliki tujuan yang di antaranya adalah pembatasan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak, melindungi kelompok hewan dengan nilai tinggi, dan mengurangi dampak ekonomi akibat penyebaran PMK.

Hadir dalam kegiatan, Kasi Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan Lamtim Udib Hani, Koordinator Peternakan Kecamatan Purbolinggo Danil Apneri, Supervisor Tim 1 Drh. Jamaludin Nusi beserta Tim 1 Vaksinator 4 Kecamatan (Purbolinggo, Way Bungur, Sukadana dan Kecamatan Raman Utara).

Baca Juga :  Baksos Khitanan Masal Warnai Kunker Tim Wasev Pada Kegiatan TMMD ke-117 Kodim 0429/Lamtim

Babinsa Kopda Andi Anfari menegaskan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan.

“Kami juga menghimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Peternakan Kecamatan Purbolinggo Danil Apneri menjelaskan, bahwa penyebaran vaksin PMK dilakukan secara serentak di Kabupaten/Kota dengan melakukan pemetaan disetiap wilayah dengan tingkat populasi sapi terbanyak.

Baca Juga :  Kodim 0429/Lamtim Gelar Bazar Murah Jelang Idul Fitri 1445 H

“Vaksin PMK diberikan kepada sapi yang masih sehat dan belum terkena virus PMK. Hal ini dikarenakan, sapi yang sudah terkena virus PMK maka sudah terbentuk antibodi didalam tubuhnya,” jelasnya.

“Sehingga untuk sapi–sapi yang belum terjangkit maka diperlukan tindakan seperti vaksin, karena pengobatan bukan alternatif terbaik, pencegahannya dengan vaksinasi,” imbuhnya.

“Total hari ini ada ±200 dosis vaksin PMK jenis Cavac meliputi vaksinasi pertama, kemudian nanti dengan jarak 4 sampai 5 Minggu akan diberikan vaksin kedua, setelah itu apabila ada vaksin booster maka akan diberikan setiap 6 bulan sekali”, tegasnya. (Rilis/Eko)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum