Musrenbang Metro Timur, Walikota Metro: Prioritaskan Pembangunan Dan SDM Berkualitas

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Walikota Metro bersama Wakil Walikota Metro beserta jajarannya menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangun (Musrenbang) Kecamatan Metro Timur yang berlangsung di Aula Kecamatan Metro Timur, Jum’at (17/02/2023).

Hal itu di sampaikan oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, beberapa waktu lalu Pemerintah Kota Metro telah melaksanakan Musrenbang Kelurahan yang didampingi oleh Bappeda dan beberapa dinas terkait. Kemudian dari proses ini telah memperoleh susunan daftar prioritas dari Musrenbang kelurahan, yang akan dikembangkan menjadi daftar prioritas Musrenbang Kecamatan.

“Selanjutnya, hasil Musrenbang Kecamatan akan kita bawa dalam Forum Perangkat Daerah untuk didiskusikan dan direncanakan dalam Renja OPD Tahun 2024,” ujarnya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Sementara itu, akibat dari pandemi Covid-19 yang masih berdampak signifikan pada sistem keuangan daerah, sehingga kita harus benar-benar menyusun prioritas usulan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Untuk itu, saya mengajak kepada kita semua untuk mari bersama-sama merumuskan prioritas secara objektif dan Saya juga meminta kepada para Camat dan Lurah untuk ikut berdiskusi secara langsung dengan perwakilan masyarakat guna penajaman dan kesepakatan atas usulan, “tuturnya.

Wahdi juga mengungkapkan bahwa pada Tahun 2024 merupakan tahun politik yang mana dalam pelaksanaan RPJMD Kota Metro Tahun 2021-2026 akan berkurang 2 tahun tahapan, sehingga untuk itu kita harus menyusun program dan kegiatan pembangunan yang menjadi cita-cita dan harapan kita semua guna mendukung Visi Kota Metro tahun 2024.

Baca Juga :  Wali Kota Metro, Koordinasi Dinas Terkait Tentang Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Selain itu, pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong masa depan agar pembangunan berkelanjutan, maka Pemerintah Kota Metro saat ini sedang mendorong program Jaringan Masyarakat Peduli Anak Ibu atau (JAMA-PAI) yang merupakan gerakan peran serta dan kepedulian terhadap kesehatan anak dan ibu yang berkualitas dan dilakukan secara terintegrasi dengan melibatkan masyarakat,”jelasnya.

Ditambahkannya, bahwa JAMA-PAI didesain untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (GEMERLANG) Peta Jalan Indonesia Emas 2045, 100 Tahun Indonesia Merdeka.

“Oleh sebab itu, dengan melihat, mengkaji capaian maupun isu strategis yang akan dicapai pada tahun 2024, Pemerintah Kota Metro untuk tahun 2024 mengusung tema pembangunan yaitu Peningkatan Produktivitas Ekonomi dan Kualitas Sumberdaya Manusia untuk Pembangunan Berkelanjutan dengan 4 (empat) Prioritas Pembangunan,”terangnya Wahdi.

Prioritas pembangunan Pemerintah Kota Metro diantaranya, Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia Menuju Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang), Pengembangan Infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan, dan Reformasi Birokrasi.

Baca Juga :  Wali Kota Metro Mengapresiasi Kegiatan Metro Sport And Tourism

Harapannya, pada Musrenbang Kecamatan ini akan menghasilkan prioritas pembangunan yang merupakan isu-isu prioritas, yang melibatkan lintas kelurahan pada kecamatan dan keterhubungan prioritas pembangunan antar kelurahan, sehingga pembangunan berkelanjutan akan tercapai, “pungkasnya.

Sementara itu, Camat Metro Timur Ferry Handono, menjelaskan bahwa Kecamatan Metro Timur akan memprioritaskan untuk peningkatan produktifitas dan peningkatan SDM untuk menuju Kota Metro berkelanjutan.

Ferry mengungkapkan, beberapa hasil musrenbang berdasarkan usulan-usulan dari masyarakat diantaranya, pemugaran gedung Kantor Kelurahan Iringmulyo, agar dapat meningkatkan pelayanan publik yang ada di Kelurahan Iringmulyo. Peningkatan produktifitas melalui UMKM yang mempengaruhi perputaran ekonomi di Kota Metro seperti Metro Bangga Beli (MB2), melakukan penguatan ekonomi kreatif, pertanian perkotaan, peningkatan SDM.

“Anggaran dari 2022 ke 2023 cukup fantastis dari 16,8 miliyar menjadi 30 miliyar. Hal ini diperuntukan untuk skala prioritas, sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan agar yang dianggarkan dapat terealisasi dan skala prioritas di tingkat bawah, ”ujarnya Ferry.

Untuk skala prioritas dalam infrastruktur, Kecamatan Metro Timur mengusulkan jalan penghubung antar kelurahan yang dinilai sangat penting dan jalan usaha tani yang berada di Kelurahan Tejosari. (Red/E)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum