Miris, Areal Makam Kramat Minak Ngegulung Sakti Kampung Tiuh Tohou Menggala Jadi Tempat Pembuangan Sampah

| š•æš–Šš–—š–Žš–’š–†š–š–†š–˜š–Žš– š•µš–†š–‰š–Ž š•»š–Šš–’š–‡š–†š–ˆš–† š•¾š–Šš–™š–Žš–†.

Klik Gambar

Tulang Bawang- (HPN) – Lampung, Miris, Areal Makam Kramat Tuyut Minak Ngegulung Sakti yang berada di Kampung Tiuh Tohou Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang yang seharusnya dijaga kelestarian dan kebersihannya justru oleh oknum yang tidak bertanggung Jawab dijadikan tempat pembuangan Sampah, Saptu, (29/4/2023)

Kramat tuyut Minak Berdasarkan keterangan beberapa sumber yang berasal dari masyarakat setempat yang namanya tidak ingin disebutkan menyampaikan keluhannya kepada Wartawan media Ini, ya pak, seharusnya sampah tidak dibuang disini, inikan area tempat penziarahan makam tuyut Minak ngegulung sakti yang kelestarian dan kebersihannya harus dijaga malah jadi tempat pembuangan sampah, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab apalagi disekitar makam juga ada pemukiman masyarakat, tentunya inikan menimbulkan pandangan mata yang tidak sedap dan bau busuk yang menyengat, serta dampak penumpukan sampah tersebut bisa menjadi bibit penyakit, ucapnya.

“Saya tidak terima dengan adanya penumpukan sampah tersebut karna baunya sangat busuk sekali serta dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta disini juga kan ada makam kramat “jelasnya.

Baca Juga :  Peranan Wanita Indonesia Tangguh Dalam Merajut Persatuan Dan Kesatuan, Di Hari Kartini 21 April

Ditambahkan, aktivitas pembuangan sampah tersebut berlangsung sekitar pertengahan bulan April tahun ini, sampah tersebut diangkut oleh mobil Dump-truck dan Pick-up dengan alasan mereka ini sampah dari jalan tol, untuk dibuang disini, kemudian masyarakat diminta tandatangan karna kepala kampung sudah tanda tangan, kemudian tumpukan sampah-sampah tersebut akan dipilah untuk dimanfaatkan dan sisa sampah yang tidak bermanfaat yang nantinya akan dibuang ke sungai, bebernya.

“Belum lama sampah itu itu dibuang disini pak, sekitar pertengahan bulan April lalu, sampah tersebut diangkut menggunakan mobil Dump-Truck dan Pick-Up, kata mereka sampah dari jalan tol, bahkan meraka minta tanda tangan karna kepala kampung sudah tanda tangan, “tuturnya.

Lebih lanjut, setiap mobil yang sampah tersebut datang kesini ada yang mengawalnya, bahkan ada Uang – uangnya pak, herannya lagi kenapa mobil yang mengangkut sampah untuk dibuang kesini itu kadang datangnya tengah malam pak, hingga mengganggu istirahat tidur kami, ungkapnya penuh nada kesal.

Baca Juga :  Hari Lahir Pancasila, Winarti Songsong New Normal Covid-19

Hal senada juga disampaikan oleh masyarakat sekitar lainnya, masak iya pak kampung kita jadi tempat pembuangan sampah, apalagi tempat pembuangan sampah tersebut di sekitar Area Makam Kramat yang seharusnya kita hargai keberadaannya sebagai wujud menghormati para leluhur pendahulu kita, tegasnya.

Selanjutnya diharapkan pengiriman mobil pembuangan sampah tersebut dihentikan dan untuk sampah yang ada, dibersihkan dari lokasi tersebut, harapnya.

Kami masyarakat Kampung Tiyuh Tohou meminta kepada Instansi terkait baik yang ada di tingkat desa dan kabupaten khususnya Dinas Lingkungan Hidupb( DLH) Kabupaten Tulang Bawang dapat mendengarkan dan menindak lanjuti keluhan kami masyarakat Kampung Tiuh Tohou terkait pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, “tambahnya.

Sampai berita ini diterbitkan pihak- pihak terkait belum bisa diminta keterangannya terkait keberadaan sampah tersebut.(cbr)

Dilaporkan oleh : redaksi Daerah