Kodim 0429/Lamtim Laksanakan Penanaman Ribuan Mangrove Serentak Nasional

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Kegiatan puncak penanaman Mangrove Nasional oleh TNI di Seluruh Indonesia di pimpin langsung Presiden Republik Indonesia Ir. H Joko Widodo, Senin (15/5/2023).

Selain Presiden, kegiatan yang digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta Utara, turut hadir pula sejumlah pejabat mulai dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Kita tahu memiliki mangrove terluas di dunia 3,3 juta hektare hutan mangrove terbesar di dunia. Itu yang harus kita rawat, kita pelihara kalau di tempat yang kritis kita tanami kembali. Sehingga jangan sampai ada hutan mangrove kita yang rusak,” ujar Presiden Jokowi dari lokasi penanaman.

Foto, Kodim 0429/Lamtim
Foto, Kodim 0429/Lamtim

Lebih lanjut Jokowi mengatakan,”Saya kira proses menanam kembali hutan mangrove ini tidak hanya di sini saja tetapi di seluruh tanah air harus terus dilakukan dalam rangka melindungi pesisir kita dari kemungkinan adanya perubahan iklim. Sehingga, air dari permukaan laut naik atau ada gelombang besar juga bisa menahan. Ini memang proteksi alam yang kita perlukan,” tegasnya.

Baca Juga :  Kodim 0429/Lamtim Peringati Nuzulul Qur'an 1443 H

Sementara Kodim 0429/Lamtim yang mengikuti puncak penanaman mangrove serentak nasional secara virtual berlangsung di Taman Wisata Mangrove Pandan Alas, Desa Sriminosari, Kecamatan Labuhan Maringgai.

Sambutan tertulis Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH yang dibacakan Danramil 429-04/Sribhawono menyampaikan bahwa kegiatan penanaman mangrove serentak hendaknya jangan hanya sebatas seremonial saja.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

“Kegiatan ini adalah upaya kita bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan serta sebagai bentuk tanggung jawab bersama. Saya yakin jika penanaman ini berhasil dan terus dikembangkan, tidak hanya akan menghasilkan ekosistem air yang bersih dan sehat melainkan juga dapat berpotensi sebagai sumber pendapatan dalam pengembangan wisata hutan mangrove atau hal positif lainnya”, pungkasnya.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Hadiri Pembukaan Kompetisi Sepak Bola Liga Santri Tingkat Provinsi Lampung

Untuk diketahui, penanaman Mangrove Nasional secara serentak oleh Jajaran TNI di seluruh Indonesia Tahun 2023 dilaksanakan di 37 provinsi di 370 lokasi penanaman dengan jumlah 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam. Sehingga memecahkan rekor MURI Nasional.

Jumlah tersebut meliputi oleh Angkatan Darat di 231 lokasi penanaman dengan 572.669 bibit, oleh Angkatan Laut di 79 lokasi penanaman dengan 443.700 bibit dan oleh Angkatan Udara di 60 lokasi penanaman dengan 83.800 bibit

Oleh sebab itu pada akhir acara diadakan penyerahan Penghargaan yang diberikan langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum