Dandim 0429/Lamtim Hadiri Upacara Harlah Pancasila

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Setiap 1 Juni, bangsa Indonesia merayakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Peringatan Hari Pancasila ini mulai dirayakan sejak 2016 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Sementara itu, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan di halaman kantor Bupati pada Kamis (1/6/2023).

Selain Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH. Peringatan Hari Lahir Pancasila turut dihadiri oleh Wakil Bupati Lamtim H. Azwar Hadi, Wakapolres Kompol Sugandi Satria Nugraha, Sekda M. Yusuf, Para staf ahli Bupati Lamtim, Anggota DPRD Lamtim, Ketua PC NU, Ketua Muhammadiyah dan beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Lamtim.

Baca Juga :  Ketua PC GP Ansor Lampung Timur Ajak Kader Ansor Bantu Ponpes Terkena Musibah Puting Beliung
Foto,Dandim 0429/Lamtim Hadiri Upacara Harlah Pancasila
Foto,Dandim 0429/Lamtim Hadiri Upacara Harlah Pancasila

Saat menyampaikan amanat Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Wakil Bupati Azwar Hadi mengatakan kelahiran Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara patut diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia.

“Makna Hari Lahir Pancasila, yang pertama tentu kita mengingat kembali tentang kelahiran Pancasila yang merupakan ideologi, kemudian dasar negara, fundamental, yang sudah diciptakan oleh para pendiri bangsa. Itu patut kita rayakan dan kita peringati,” ujarnya.

Seperti diketahui, tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 adalah, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Baca Juga :  Warga Desa Tegal Yoso, Meninggal Dunia Tersambar Petir

“Dengan makna tersebut, diharapkan kita semuanya semakin meningkatkan penghargaan, kemudian peringatan-peringatan, dan bisa menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,”terangnya.

Lanjut Azwar menerangkan, Presiden RI dalam amanat tersebut banyak mengingatkan dan menyampaikan beberapa hal.

“Banyak hal yang diingatkan dan disampaikan oleh beliau. Bagaimana kita mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, berprestasi, meningkatkan kinerja, itu yang bisa kita lakukan sekarang.

Kemudian juga yang lain-lain adalah menghargai jasa dan bakti para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia sehingga Indonesia bisa berkembang seperti sekarang ini,” tegasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum