Kadis Lingkungan Hidup Metro, Terjunkan Pasukan Hijau Untuk Meremajakan RBRA

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro bergerak cepat dalam merespon laporan masyarakat, terkait keberadaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) yang usang. Maka dengan itu Dinas Lingkungan Hidup melakukan peremajaan terhadap sejumlah RBRA yang ada di Kota Metro.

Ruang Bermain Ramah Anak tersebut berada di Kecamatan Metro Barat dan Kecamatan Metro Utara. DLH Metro melakukan peremajaan dengan melakukan pengecatan dan perbaikan ringan sarana bermain. Hal ini dilakukan, agar anak-anak merasa nyaman untuk bermain di ruang terbuka hijau RBRA yang ada di Kota Metro.

Ditemui Tim Humas Dinas Kominfo Kota Metro di ruang kerjanya, Kepala Dinas LH Kota Metro Ardah, mengatakan RBRA adalah area khusus yang dirancang untuk anak-anak agar mereka dapat bermain, belajar, dan tumbuh secara optimal. Dengan begitu, DLH menerjunkan pasukan hijau untuk meremajakan RBRA dan melakukan pembersihan di seputaran ruang terbuka hijau.

β€œRuang ini sangat penting bagi perkembangan anak-anak, apalagi Kota Metro akan mewujudkan sebagai Kota Layak Anak. Namun untuk memastikannya selalu berfungsi dengan baik, dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat sangat diperlukan,” kata Ardah, Senin 4/8/2023.

Baca Juga :  Kepala Dinas Perdagangan Pasar Metro, Targetkan Pasar Murah Untuk 1.500 Sampai 2.000 Orang
Foto, Tempat Main Anak
Foto, Tempat Main Anak

Ardah juga mengatakan, ada beberapa alasan mengapa masyarakat perlu mendukung pemanfaatan dan pemeliharaan Ruang Bermain Ramah Anak yaitu, kualitas hidup anak-anak yang lebih baik berupa RBRA memberikan tempat yang aman, nyaman, dan terstruktur bagi anak-anak untuk bermain dan belajar.

β€œDukungan dari masyarakat dalam pemanfaatan dan pemeliharaan ruang bermain ini akan memastikan anak-anak memiliki akses ke ruang tersebut yang akan meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain itu juga pemerataan akses, dalam sebuah kota, tidak semua anak memiliki akses yang sama ke ruang bermain yang baik. Dukungan dari masyarakat dalam memastikan pemanfaatan dan pemeliharaan RBRA akan membantu memastikan bahwa semua anak memiliki kesempatan yang sama untuk bermain dan belajar,” jelasnya.

Selain itu, ikatan sosial dari Ruang Bermain Ramah Anak dapat berfungsi sebagai pusat pertemuan dan interaksi sosial antara anak-anak dan orang tua. Dukungan dari masyarakat dalam mengunjungi ruang bermain dan berpartisipasi dalam kegiatan serta acara yang diadakan di sana, akan membantu menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat dalam komunitas.

Baca Juga :  Walikota Metro Hadiri Pelantikan Amrulloh Menjadi Ketua Korps KAHMI Kota Metro

Terkait pendidikan dan perkembangan anak, Ruang Bermain Ramah Anak dirancang dengan permainan dan kegiatan yang dapat merangsang perkembangan anak. Dukungan dari masyarakat dalam memanfaatkan dan memelihara ruang bermain ini akan memastikan bahwa anak-anak mendapatkan manfaat yang maksimal dalam hal pendidikan dan perkembangan.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Untuk tanggung jawab bersama, maka pemanfaatan dan pemeliharaan RBRA, harus menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. Dukungan dari masyarakat akan memberikan pemahaman akan pentingnya ruang bermain untuk anak-anak sehingga mereka turut berperan aktif dalam menjaganya,” paparnya.

Diakhir penyampaian Ardah, bahwa dukungan dari masyarakat sangat penting dalam pemanfaatan dan pemeliharaan RBRA. β€œDengan bersama-sama menjaga, memelihara, dan memanfaatkan ruang bermain ini dengan baik, kita dapat menciptakan kota yang lebih ramah anak dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang,” tandasnya. (ADV)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum