Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat, Babinsa Gotong Royong Perbaiki JUT

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Selaku Aparat Teritorial, Babinsa mempunyai tugas yakni ikut andil dan berperan dalam membantu warga binaan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 429-07/Pekalongan Kodim 0429/Lamtim Serka Jaswadi bersama masyarakat melaksanakan gotong royong pengurukan dan perapian Jalan Usaha Tani (JUT) di Dusun V, Desa Tulusrejo, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Senin (6/11/2023).

JUT atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan.

Pembangunan Jalan usaha tani ini berada di area persawahan dengan lebar 4 M dan panjang 4,5 KM meter, dalam pelaksanaanya pembangunan Jalan usaha tani melibatkan tenaga kerja lokal yang cukup banyak sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat penerima manfaat jalan usaha tani tersebut.

Baca Juga :  Wakili Dandim 0429/Lamtim, Pasandi Hadiri Upacara HUT Korpri Ke-51

Babinsa Serka Jaswadi berharap proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar serta sesuai dengan rencana sehingga masyarakat desa Tulusrejo dapat menikmati fasilitas ini.

“Selain sebagai fasilitas mempermudah tercukupinya kebutuhan para petani dilahan persawahannya juga terdapat pemanfaat lainnya, yaitu sebagai pelancar transportasi angkutan hasil panenan dapat memperlancar hubungan kelokasi persawahan yang terhubungkan dengan baik serta dapat menaikan harga hasil panen”, ucapnya.

Ia menambahkan,β€œtugas pokok TNI adalah membantu pemerintah, baik pusat maupun pemerintah daerah sebagai wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat, di antaranya membantu dalam percepatan pembangunan desa dalam segi apapun seperti bidang pertanian, pembangunan, kesehatan dan masih banyak yang lainnya demi kepentingan masyarakat, β€œjelasnya.

Baca Juga :  Kodim 0429/Lamtim Gelar Serbuan Vaksinasi 800 Dosis Bagi Pelajar dan Umum di SMK Ma'arif NU1 Purbolinggo

Sementara Kades Tulusrejo Hartono, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Babinsa turut serta dalam kegiatan gotong-royong sekaligus menghimbau masyarakat agar turut menjaga JUT yang sudah diperbaiki.

“Ucapan terimakasih kepada Bapak Babinsa Serka Jaswadi yang telah aktif membina desa kami sekaligus membantu pelaksanaan gotong royong perapian JUT bersama warga masyarakat,”ungkapnya.

“Selanjutnya kami menghimbau kepada warga masyarakat Desa Tulusrejo untuk bersama-sama menjaga dan merawat jalan usaha tani ini agar nantinya dapat digunakan dengan baik,”pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum