Tim yang di pimpin oleh Kombes Pol Joko Purnomo, S.H., S.I.K., M.M., melaksanakan monitoring stok dan harga Bahan pokok dan barang penting di pasar Gintung, pasar Tugu, dan pasar Koga di Wilayah Bandar Lampung pada Rabu (13/12).

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah menjelaskan, Bahwa pengecekan bahan pokok ini dilaksanakan dalam menghadapi natal dan tahun baru 2024 yang diperkirakan permintaan pasar akan meningkat dan supaya menjaga kestabilan harga di pasar.

Baca Juga :  Bupati Lampung Timur, Menerima Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Tahun 2022

β€œTim Bareskrim Dittipideksus melaksanakan monitoring terkait harga terendah, harga tertinggi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk dilakukan pendataan harga dari Distributor sampai dengan ke konsumen di pasar, β€œKata Umi Kamis (14/12/2023).

Dari hasil pengecekan harga di pasar Tradisional terjadi kenaikan harga khususnya pada komoditas Cabe sebagai dampak dari gagal panen akibat elnino, sehingga mengakibatkan melonjaknya harga cabai serta tidak seimbangnya pasokan dan permintaan.

Baca Juga :  Seorang Buronan Kasus Pengeroyokan Di Lampung Timur Berhasil Ditangkap Polisi

Umi menjelaskan, untuk jumlah stok masing-masing komoditas berdasarkan informasi dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung bahwa stok relatif aman sampai dengan akhir tahun Desember 2023 dan harga relatif stabil.

β€œDiperkirakan jumlah permintaan konsumen di pasar akan meningkat dua kali lipat menjelang Nataru 2023, sehingga tim akan melakukan pengecekan berkala terhadap bahan pokok yang ada di Lampung,”katanya. (*)