Peringati Hari Bela Negara Ke-75, Kodim 0429/Lamtim Gelar Upacara Bendera

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 yang digelar Kodim 0429/Lamtim berlangsung di lapangan upacara Makodim, Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (19/12).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Danramil 429-12/Batanghari Mayor Inf. Jumingan serta dihadiri oleh seluruh Perwira Staf, Danramil jajaran, serta Anggota Bintara, Tamtama serta PNS Kodim 0429/Lamtim.

Sebagai Irup, Mayor Inf. Jumingan pada saat membacakan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo mengatakan kedepan tantangan Bangsa Indonesia semakin tidak terduga. Bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia”, ujarnya.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Pimpin Acara Kenaikan Pangkat 22 Prajurit
Foto, Istimewa

Lebih lanjut di sampaikan,”Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara”, tutur Danramil.

Pada peringatan Hari Bela Negara tahun 2023 melalui amanat tertulisnya, Presiden mengajak seluruh elemen masyarakat kembali mengobarkan semangat Bela Negara.

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan Forkopimcam, Ini Pesan Danramil 14/Jabung

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Sebagaimana tertuang dalam tema Hari Bela Negara Ke-75 yakni “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”, pungkas Irup pada saat membacakan amanat Presiden.

Terpisah Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam Bela Negara.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai,” tegas Dandim. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum