Danramil 07/PKL Sosialisasi Peningkatan Peran Linmas Dan Kualitas SDM

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas khususnya di Kecamatan Pekalongan, Danramil 429-07/Pekalongan Kodim 0429/Lamtim Kapten Inf. Jumali berikan bimbingan dan peningkatan kapasitas, di Balai Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (28/12/2023).

Linmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) atau sering kita sebut dengan Satlitmas atau yang lebih kita kenal dengan Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan, Pengamanan, penanganan bencana dan lain-lain

Adapun Sejarah Linmas pada tahun 2002 bernama Hansip kemudian berubah nama menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat) hingga saat ini. Meski begitu dinyatakan perubahan itu hanya pada label namanya saja, landasan hukum tentang tugas pokok, fungsi dan perannya masih tetap sama.

Baca Juga :  Dinas PU Perkim Lampung timur, Diduga Ada Pengondisian Proyek Pipanisasi

Pada kesempatan tersebut Danramil menyampaikan, Bahwa dengan diadakannya kegiatan peningkatan kapasitas linmas adalah untuk meningkatkan kinerja para anggota linmas, baik itu dari segi kegiatan keamanan, sosial dan bencana alam sehingga dapat memberi keamanan dan kenyamanan warga di dalam kehidupan sehari – hari.

β€œLinmas harus dibekali dengan wawasan dan kemampuan baik perorangan maupun kelompok terkait dengan tehnik dan taktik penyelenggaraan Kamtibmas, sehingga saat terjadi masalah di desa Linmas dapat menjalankan perannya sesuai dengan Tugas yang diemban,” kata Danramil.

Baca Juga :  Ajang Silaturahmi Dan Sinergitas TNI-Polri, Danramil Sekampung Hadiri Jum'at Curhat

Ia berharap, semoga dengan adanya pembinaan ini dapat meningkatkan kinerja anggota Linmas untuk lebih bersemangat dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat dan mampu menciptakan keseimbangan dalam ketertiban serta keamanan di desa.

“TNI Polri tidak bisa bekerja sendiri sehingga dengan adanya Linmas, pengamanan di lingkungan masyarakat lebih tepat dan cepat. Seperti pada saat sebentar lagi akan menghadapi pengamanan Pemilu dan Pilkada yang harus dilakukan dengan maksimal”, tegas Danramil.

Kegiatan turut dihadiri Camat Pekalongan Slamet Hariyanto, Kapolsek Pekalongan AKP. Yugo Laksono, Kades Pekalongan Samsumar, Pendamping Desa Fakih serta anggota Linmas sebanyak 31 Orang. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum