Wujud Rasa Syukur Dan Cinta Tanah Air, Kodim 0429/Lamtim Gelar Upacara Bendera

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Cuaca hujan bukan penghalang bagi Prajurit Kodim 0429/Lamtim dengan khidmat mengikuti kegiatan Upacara Bendera pada Senin, (5/2/2024).

Upacara yang berlangsung di lapangan Apel Makodim ini turut dihadiri oleh seluruh Perwira Staf, Danramil jajaran, Anggota Bintara dan Tamtama Kodim 0429/Lamtim.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H dalam keterangannya menyampaikan adapun maksud dan tujuan upacara bendera bagi Prajurit diantaranya untuk menumbuhkan semangat nasionalisme persatuan dan kesatuan bangsa.

“Penghormatan Bendera Merah Putih pada kegiatan Upacara diharapkan dapat memupuk jiwa Nasionalisme dan Patriotisme sebagai seorang Prajurit sehingga rasa Cinta Tanah Air semakin kuat”, kata Dandim.

Baca Juga :  Persiapan Pembentukan Kampung Pancasila, Koramil 429-06/Purbolinggo Gotong Royong Bersama Masyarakat

Selain penghormatan kepada Bendera Merah Putih, lanjut Dandim pada kegiatan upacara juga dilaksanakan mengheningkan cipta yang merupakan sebuah momen untuk introspeksi sekaligus mendo’akan para pendahulu.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

“Mengheningkan cipta dilakukan dengan berdiam diri, merenung, mengenang, bersyukur sekaligus mendo’akan para Pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia”, tandasnya.

Dalam kesimpulan, upacara bendera adalah lebih dari sekadar tindakan formal mengibarkan selembar kain berwarna-warni. Ini adalah ritual yang mengandung banyak makna mendalam, yang mencakup patriotisme, penghargaan terhadap pahlawan, persatuan, nilai-nilai, refleksi dan perdamaian.

Baca Juga :  Pelihara Dan Tingkatkan Nasionalisme Prajurit, Kodim 0429/Lamtim Gelar Upacara Bendera

Melalui upacara bendera, kita tidak hanya menghormati negara kita, tetapi juga menghormati nilai-nilai yang kita anut dan perjuangan yang telah membentuk bangsa kita. Semua makna ini membantu memperkuat dan mempertahankan kebersamaan serta mengingatkan kita akan pentingnya menjaga perdamaian, persatuan dan kesatuan bangsa. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum