Dandim 0429/Lamtim Hadiri Peresmian 1.898 Titik Air Secara Virtual

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Peresmian 1.898 titik Gerakan TNI Manunggal Air dan Bakti Sosial yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI. Maruli Simanjutak, M.Sc terpusat di Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara, Selasa (6/2/2024).

Sementara Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H didampingi Danramil 429-03/Marga Tiga Lettu Kav. Aprizal serta Forkopimcam secara virtual mengikuti acara peresmian 1.898 titik air berlokasi di Dusun 5, Desa Sukadana Baru, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur.

TNI Angkatan Darat (AD) lewat program Manunggal Air gencar menghadirkan air bersih di wilayah Indonesia yang mengalami kesulitan air bersih. Program ini pertama kali dicetuskan oleh Maruli Simanjutak, M.Sc pada saat itu masih menjabat sebagai Pangkostrad dengan pangkat Letnan Jenderal.

Baca Juga :  Dandim Dan Kapolres Dampingi Kapolda Lampung Tinjau TPS Pilkades Serentak
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Bahkan, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Maruli Simanjuntak dinobatkan sebagai Bapak Air Indonesia usai meraih piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Setelah diangkat menjadi Kasad, Jenderal TNI.Maruli Simanjutak, M.Sc mengisahkan awal mula terpikirkan program air bersih ketika dirinya bertugas di berbagai wilayah di Indonesia. Menurut pengamatannya, salah satu penyebab kemiskinan dan stunting di Indonesia juga dipicu karena kurangnya air bersih.

Kasad juga menginstruksikan kepada jajaran TNI AD untuk bekerja sama dengan stakeholder yang ada untuk terus bertekad menjalankan misi air bersih yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat tanah air.

“Jika masalah air bersih bisa teratasi, akan berdampak positif untuk masyarakat. Baik itu untuk kesehatan, sanitasi, bisa buka ladang bahkan bisa atasi stunting,” Ujar Kasad.

Baca Juga :  Pelaku Curat Di Sekampung Berhasil Diamanakan Polisi

Usai kegiatan virtual Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H mengatakan apa yang menjadi program unggulan dari Komando Atas selain ketahanan pangan salah satunya yakni program TNI Manunggal Air juga dilaksanakan oleh Kodim 0429/Lamtim.

“Kodim 0429/Lamtim sudah membangun dibeberapa titik meskipun diwilayah Lampung Timur sendiri air bersih tidak begitu susah dibandingkan dengan daerah lain kecuali pada saat musim kemarau. Salah satu lokasi yang tersebut yakni pada saat pelaksanaan TMMD ke-117 Desa Sumber Marga”, ujar Dandim. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum