Pelanggan Berharap Usulan Perluasan Jaringan Hingga Penambahan Daya Direalisasikan

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com Perluasan jaringan listrik PLN diusulkan oleh Masyarakat beralamat di Jalan Buai Kunang RT./RW.: 020/007 Capang Merdeka Dusun Capang Desa Pasar Sukadana Kecamatan Sukadana.

Pasalnya, terdapat 7 Kepala Keluarga (KK) berstatus sebagai pelanggan PT. PLN (Persero) ULP Sukadana sebab telah melakukan penyambungan baru, akan tetapi belum terdapat tiang listrik beton sebagai lintasan kabel jaringan listrik PLN.

“Saya dan enam tetangga sudah pasang listrik PLN tapi belum ada tiang listrik beton, untuk itu kami usul dan berharap tiang bisa menjangkau ke rumah kami khususnya rumah saya yang paling ujung”, kata Herman (55) pada saat silaturahmi dirumahnya pada Minggu, 26 Mei 2024 pukul 20.00 WIB.

Penyambungan baru tidak menggunakan tiang listrik beton, melainkan masih menggunakan pohon kayu randu dan bambu disepanjang jalan sekitar 180 meter dari tiang listrik PLN terakhir.

“Yang nanam pohon kayu randu itu saya, kalau tiang listrik sudah masuk nanti ditebang. Jalan sudah diukur dari tiang listrik terakhir panjangnya 180 meteran”, tutur Ansorullah (69) tetangga Herman yang telah terlebih dulu melakukan penyambungan baru tapi kabel melintas di kayu randu dan bambu.

Baca Juga :  Bupati Lamtim, Tanda Tangani Serah Terima Hibah BMN,DMD Mahkamah Agung RI
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Sementara, terdapat 7 dari 16 KK yang telah melakukan penyambungan baru listrik PLN, sebaliknya 9 KK masih berstatus sebagai calon pelanggan.

Sebelumnya, masyarakat di RT./RW. : 002/001 Dusun Magetan Desa Pasar Sukadana telah mengajukan usulan penambahan daya dan perluasan jaringan listrik PLN.

Usulan tersebut ditujukan langsung kepada Andre Manajer PT. PLN (Persero) ULP Sukadana tepatnya pada bulan September 2023 lalu.

Ternyata usulan 20 pelanggan PT.PLN ULP Sukadana tersebut salah alamat, rupanya jaringan listrik PLN yang telah digunakan merupakan jaringan listrik PT. PLN ULP Metro.

Akhirnya, usulan tersebut diteruskan kepada Sita Manajer PT. PLN ULP Metro, akan tetapi sampai dengan sekarang belum kunjung terealisasi.

“Sudah masuk usulan dari kami, namun info yang kami dapat karena ketersediaan anggaran kami sampai dengan akhir tahun ini juga, mudah-mudahan bisa dapat segera terealisasi”, kata Sita melalui WhatsApp pada, 21 November 2023 pukul 20.22 WIB.

Baca Juga :  Jabat Dansubsatgas, Dandim 0429/Lamtim Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam VVIP RI-1

Selanjutnya, Sita Manajer PT. PLN ULP Metro akan mencari informasi kapan usulan pemasangan jaringan listrik PLN direalisasikan.

“Kami cari dulu info”, ujar Manajer PT. PLN Metro pada, 25 Januari 2024 pukul 17.30 WIB, namun sejak sang Manajer menyampaikan hal itu tidak diperoleh tentang tindaklanjutnya hingga saat ini.

Rencananya, apabila PT. PLN ULP Metro tidak merealisasikan penambahan daya dan perluasan jaringan listrik PLN, maka 20 orang masyarakat akan diusulkan untuk pindah menjadi pelanggan PT. PLN ULP Sukadana.

“Masyarakat sudah cukup lama ngeluh tegangan listrik rendah, tiang listrik pakai tiang kayu dan bambu, hampir setahun usulan belum juga direalisasikan, bila perlu kita usulkan pindah Rayon”, tegas Delly Solthoni Kepala Desa Pasar Sukadana.

Masyarakat Dusun Capang dan Dusun Magetan Desa Pasar Sukadana berharap agar supaya usulan perluasan jaringan listrik PLN dan penambahan daya dapat direalisasikan oleh Manajer PT. PLN ULP Sukadana maupun Metro. (RofianKunang)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum