Wujudkan Pilkada Damai, Babinsa Jajaran Kodim 0429/Lamtim Hadiri Pelantikan Pantarlih

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Pelantikan dan pengambilan sumpah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sekabupaten Lampung Timur dalam rangka persiapan menyambut Pilkada serentak tahun 2024, Senin (24/6).

Pantarlih atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih merupakan badan yang dibentuk PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Pilkada 2024 di Kelurahan/Desa. Pantarlih juga dikenal dengan istilah petugas coklit (pencocokan dan penelitian).

Setelah Pilpres berjalan aman dan kondusif di Kabupaten Lampung Timur, kini TNI Polri dalam hal ini Kodim 0429/Lamtim dan Polres Lamtim melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas kembali berkomitmen menciptakan situasi yang sama dalam rangka menghadapi Pilkada serentak 2024.

Hadirnya Babinsa bersama Bhabinkamtibmas diwilayah dapat menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban menjelang maupun pada saat pelaksanaan Pilkada nantinya khususnya diwilayah Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga :  Pencuri Telepon Genggam Di Lampung Timur, Berhasil Ditangkap Polisi Di Labuhan Makauheni

Tanggung jawab tanggung jawab menjaga situasi aman dan kondusif tidak hanya terletak pada pihak TNI/Polri, melainkan juga melibatkan peran semua pihak, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat/LSM, calon peserta Pemilu beserta pendukungnya, serta Partai Politik.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Sehingga dengan komitmen bersama, harapanya Pilkada Kabupaten Lampung Timur Damai bukanlah sekadar wacana atau slogan semata, melainkan harus diimplementasikan sebagai komitmen nyata.

Untuk diketahui, sebagaimana disebutkan dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Pemilihan Umum, Pantarlih sendiri bertugas untuk melakukan pemutakhiran data sesuai dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Sebelumnya, pendaftaran untuk Pilkada 2024 Pantarlih telah dibuka pada 13-17 Juni 2024.

Pemutakhiran data dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi satu rumah ke rumah yang lain. Pantarlih kemudian juga ditugasi untuk menyampaikan hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS.

Baca Juga :  Kunjungi Balai TNWK, Dandim: Karhutla Adalah Tugas Kita Bersama

Proses rekrutmen Pantarlih sendiri telah selesai dan hasil seleksinya telah diumumkan oleh PPS di daerah masing-masing. Tahapan selanjutnya adalah pelantikan Pantarlih Pilkada 2024, dalam agenda pelantikan tersebut terdapat sejumlah rangkaian acara yang digelar.

Beberapa acara yang dimaksud antara lain, pembacaan Surat Keputusan KPU tentang pelantikan Pantarlih pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, pengambilan sumpah, penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji, pembacaan Pakta Integritas, penandatanganan Pakta Integritas serta Bimbingan Tekhnis (Bimtek) kepada Pantarlih yang selesai dilantik. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum