Dinas Kesehatan Metro Gelar Peresmian Pemeriksaan Test HPV DNA Dan Sadanis

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-Halopaginews.com- Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan Metro menggelar peresmian atau gebyar launching pemeriksaan Test HPV DNA dan Sadanis. kegiatan berlangsung di Sekretariat Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Metro,Rabu (3/7/2024).

Kegiatan tersebut diselenggarakan guna mewujudkan wanita sehat dan kuat serta mencegah kanker serviks leher rahim dan payudara pada wanita di Kota Metro.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel leher rahim kanker tersebut pada umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut,” ucapnya Eko Hendro Kepala Dinas Kesehatan Metro Dalam sambutannya.

Baca Juga :  Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, Resmi Lantik 28 Aparatur Sipil Negara
Foto, Wali Kota Metro dan Wakil Wali Kota Metro bersama Ketua DPRD Kota Metro
Foto, Wali Kota Metro dan Wakil Wali Kota Metro bersama Ketua DPRD Kota Metro

Kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di jaringan payudara. Kanker tersebut terjadi ketika sel-sel pada jaringan yang ada di payudara tubuh kita tidak terkendali dan mengambil alih jaringan payudara yang sehat di sekitarnya.

Oleh sebab itu penting untuk mendeteksi kanker serviks dan kanker payudara sejak dini sebelum timbul masalah serius,” tuturnya Kepala Dinas Kesehatan Metro.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Sementara itu, Wali Kota Metro dr Wahdi Sirajuddin mengatakan pemerintah kota metro telah meresmikan gebyar pemeriksaan IVA Test HPV DNA dan Sadanis,” ujarnya Wahdi saat menghadiri acara tersebut di dampingi Wakil Wali Kota Metro dan Ketua DRPD Kota Metro.

Baca Juga :  Terkait Video Viral, Korban Minta Kapolri Awasi Proses Hukum

Wahdi juga mengatakan,”Jadi pemeriksaan HPV DNA Genotiyping adalah prosedur tes berbasis molekul-molekul ler yang bertujuan untuk mencari dan atau mengetahui adanya tanda-tanda infeksi HPV. Pemeriksaan ini diutamakan untuk mendeteksi jenis (strain) dari human Papillomavirus (HPV) yang berisiko tinggi (high strains of HPV) menimbulkan kanker serviks,”pungkasnya. (ADV)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum