Sinergi TNI Polri Bersama Manggala Agni Gelar Patroli Terpadu Cegah Karhutla

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Cegah Karhutla, personil gabungan TNI Polri dari Koramil 429-06/Purbolinggo, Polsek serta Manggala Agni gelar patroli terpadu di kawasan TNWK, Sabtu (20/7/2024).

Manggala Agni adalah organisasi tingkat nasional yang bertugas di bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan bertanggungjawab terhadap Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dalam menjalankan tugasnya, Manggala Agni juga dibantu oleh berbagai unsur lain seperti TNI, Polri, pemerintah daerah, BNPB, dan masyarakat umum.

Manggala Agni dibagi menjadi banyak daerah operasi (daops) di seluruh Indonesia dan pada tahun 2019 memiliki lebih dari 1.800 anggota. Manggala Agni merupakan jabatan fungsional Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Perwakilan Manggala Agni, Iswadi mengatakan, jika pihaknya bersama instansi terkait telah melaksanakan patroli terpadu dan posko pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah TNWK (Taman Nasional Way Kambas).

Baca Juga :  Kendaraan Dinas Kodim 0429/Lamtim Di Cek Oleh Tim Asnik Denpal II/ 3 Bandar Lampung

“Tim juga melakukan Patroli Preventif dan Preventif pencegahan Karhutla dalam bentuk anjangsana, sosialiasi serta edukasi akan dampak kebakaran hutan dan lahan kepada warga, juga dilakukan pemantauan daerah rawan Karhutla serta pengukuran tinggi muka air”, ungkapnya.

Dia mengingatkan kembali, bahwa setiap warga negara berkewajiban untuk menjaga kelestarian flora dan fauna serta memelihara ekosistem dan lingkungan hidup khususnya memasuki musim kemarau dalam upaya melindungi masyarakat dari dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Tujuannya agar tidak menimbulkan bencana asap, pencemaran udara, gangguan kesehatan dan mengganggu kegiatan masyarakat lainnya,” pungkasnya.

Danramil 429-06/Purbolinggo Kodim 0429/Lamtim Lettu Inf Ajis Soleh melalui Babinsa Serda Lisdiyanto menyampaikan bahwa patroli bersama dengan pihak Manggala Agni serta Polsek merupakan tindak lanjut perintah dari Komando atas dalam rangka mencegah Karhutla dikawasan TNWK.

Baca Juga :  Danramil Labuhan Ratu Apresiasi Kegiatan Homecare Dan Pengobatan Door To Door

“Babinsa harus turut serta berperan aktif dalam rangka deteksi dan mencegah Karhutla terkhusus Babinsa yang Desanya merupakan Desa penyangga kawasan TNWK”, terang Babinsa.

Sementara Kaur Humas TNWK Sukatmoko, menyampaikan ucapan Terimakasih kepada TNI/ Polri, Manggala Agni, masyarakat dan para pihak yang telah membantu dalam melakukan patroli bersama untuk pencegahan dan deteksi dini terjadinya Karhut di kawasan Taman Nasional Way Kambas.

Hasil patroli menunjukkan bahwa vegetasi di area patroli masih basah dan hijau, sumber air berupa kanal masih dalam, dan bahan bakar masih basah. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum