Pembakaran Tebu PT. SIL Dikeluhkan Warga

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Tulang Bawang, Halopaginews.com – Polusi udara yang disebabkan akibat pembakaran tebu oleh PT. Sweat Indo Lampung (SIL) menuai keresahan masyarakat yang berada di 4 Kampung, diantaranya Kampung Bujung Tenuk, Tiuh Toho, Ujung Gunung Ilir, Kagungan Rahayu, Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulangbawang. Minggu (23/06/19).

Kejadian tersebut di ungkapkan oleh Ketua BPK Kampung Bujung Tenuk, Kecamatan Menggala Juanda mengatakan, bahwa dirinya mengeluhkan asap dari debu pembakaran tebu dari PT. SIL yang setiap tahun selalu berterbangan ke rumah milik warga.

“Bahayanya debu itu, bukan hanya mengotori lantai rumah dan pakaian yang terjemur saja, tapi jika terhirup dan masuk kedalam sumur maka air nya dapat tercemar dan menimbulkan penyakit asma, ispa, hingga TBC,” terang Juanda.

Baca Juga :  Sikeu Polres Tuba Peduli Dampak Covid-19

Hal senada di ungkapkan oleh warga Ujung Gunung Ilir Hardi mengeluhkan, debu pembakaran Tebu PT. SIL yang selalu ada setiap tahun dimulai dari bulan Mei hingga Oktober selama enam bulan.

“Debu pembakaran itu bukan hanya beterbangan di pagi hari atau siang hari, namun di malam hari pun debu tetap berterbangan, dan juga dapat membahayakan bagi pengendara R2 apabila debu tersebut memasuki mata saat berkendara melintasi area tersebut,” ujarnya.

Tak hanya itu, Ketua RT setempat sekaligus warga Kampung Tiuh Toho Das’ad juga mengatakan, bahwa debu tersebut pasti masuk kedalam rumah dan meresahkan, apalagi kondisi rumah yang belum di plafon.

Baca Juga :  Polres Tuba Gelar Simulasi TFG Sispam Kota

“Saya selalu resah dengan kondisi debu pembakaran tebu Indolampung karena kondisi istri saya yang sensitif dengan debu dapat menyebabkan penyakit asma nya kambuh. Untuk itu, kami berharap kepada Pemkab Daerah Tulangbawang agar dapat menghentikan aktivitas pembakaran tebu yang selalu setiap tahun di lakukan oleh PT. Indolampung,” harapnya.

Hingga berita di terbitkan oleh dailylampung.com saat menghubungi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Tulangbawang Ristu Ilham tidak dapat Di hubungi.(Rls/aw)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews