Bandar Lampung, Halopaginews.com – Langkah Perdana Menteri Kesultanan Adat Lampung Skala Bekhak, Dang Gusti Ike Edwin maju sebagai calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan akademisi.

Seperti yang diungkapkan Dosen Pascasarjana Program 2 Magister Hukum dan Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Lampung (unila) Sunarto mengatakan, bahwa Irjen. Pol. Ike Edwin sangat layak menjadi ketua KPK, mengingat sepak terjang beliau dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

Menurutnya, Ike Edwin memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam penanggulangan tindak pidana korupsi salah satunya di Provinsi Lampung sebagai inisiator dan mengundang Forkopimda, Provinsi, Kabupaten, akademisi untuk menyamakan langkah dan tindakan dalam menanggulangi tindak pidana korupsi.

“Kemampuan akademik dengan Gelar Doktor yang memiliki Bintang 2 di kepolisian, konsekuensinya reputasi sosok beliau akan dipertahankan,” ujar Sunarto yang pernah menjabat wakil rektor III di Unila.

Baca Juga :  SD Negeri 2 Rawa Laut Berprestasi Tingkat SD se-Bandar Lampung

Sunarto menambahkan, Ike Edwin merupakan alah satu putra terbaik Lampung yang pantas menduduki salah satu ketua Komisioner Pemberantasan Korupsi.

Diketahui, saat menjabat sebagai Kapolda Lampung, beliau sangat aktif dan kreatif dalam mengemban tugas institusi Kepolisian Daerah Lampung, diantaranya soal perbaikan dan peningkatkan SDM, yang berkaitan dengan kinerja aparat sesuai dengan tupoksi secara proporsional dan profesional yang berlandaskan The Rule of Law dan The Rule of The Game. Bentuk lain meningkatkan infrastruktur penunjang kinerja lembaga kepolisian menjadi perhatian beliau.

Beliau juga sebagai pendorong dan pelopor Kepolisian Daerah Lampung dengan berbagai upaya pendekatan pada pemerintah pusat dan daerah, tokoh adat adat, tokoh masyarakat, pemuka agama dan akademisi sehingga Polda Type B menjadi Type A.

“Sang jendral juga terbukti mampu membangun sinergi yang sangat baik dengan Fokompinda dalam menjaga Kamtibmas dan penegakan hukum. Beliau juga sangat serius dalam menanggulangi tindak pidana korupsi, beliau sebagai inisiator penanggulangan korupsi secara terpadu antar penegak hukum kejaksaan dan pemerintah daerah baik Provinsi dan kabupaten,” terang Sunarto.

Baca Juga :  Brigif 4 Mar/BS Semarakkan Pekan Raya Lampung 2019

Prestasi Ike Edwin juga bisa dilihat dari keseriusannya dalam menanggulangi Narkoba dan paham radikalisme, beliau membentuk satgas tingkat provinsi sampai kabupaten. Lalu memberdayakan tenaga ahli yang melibatkan akademisi, tokoh agama dan masyarakat, wartawan, dan tokoh adat.

Melaksananakan penegakan hukum selain dengan tindakan represif terhadap tindak pidana yang berdampak serius, juga melalui pendekatan non hukum yang humanis, dan mengutamakan pencegahan dari pada penindakan.

Sunarto juga berharap, jika terpilih sebagai ketua KPK, masalah korupsi adalah musuh bangsa, dan kejahatan extra ordinary crime, penangannya harus lebih serius, tanpa pandang buku, dan hindari tekanan-tekanan dari pihak manapun, kejujuran, ketegasan, keihlasan, dan bekerja secara profesional.(Rls/Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here