Puskesmas Tuba 1 Akan Cegah Stunting di Masa Corona

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Tulang Bawang (HPN) Stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak akibat kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, terus menjadi focus Pemerintah untuk segera diselesaikan. Bahkan, upaya untuk mengurangi angka stunting di daerah terus dilakukan, termasuk hingga di tingkatan puskesmas (pusat kesehatan masyarakat).

Dalam rangka melaksanakan Program BMW CETING TERPADU, (Bergerak Melayani Warga, Cegah Stunting Terpadu), Puskesmas Tulang bawang 1 akan melaksanakan kegiatan Gerbeg Stunting kembali, yang berbarengan dengan kegiatan di bulan Agustus, yakni pemberian vitamin A.

Baca Juga :  Puskesmas Tuba I Intervensi Lanjut PIS-PK

Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di semua wilayah di Kecamatan Banjar Agung, adapun sasaran dari kegiatan tersebut adalah seluruh balita berumur 0 sampai 59 bulan, nantinya akan dilakukan pengukuran berat badan dan panjang badan, kemudian bayi umur 6-12 bulan akan diberikan kapsul vitamin A yang berwarna biru, sedangkan umur 1-5 tahun diberikan kapsul vitamin A yang bewarna merah.

Hasil pengukuran berat badan dan panjang badan akan dimasukkan secara online ke aplikasi E-PPGBM. Sehingga dapat terpantau secara Nasional.

Baca Juga :  Gangguan Sistem Jadi Pokok Kendala Tender di Tulangbawang

Kepala Puskesmad Tuba 1 Arnan Jaya, mengatakan, bahwa untuk mengurangi kasus stunting di Wilayah, pihaknya akan membentuk tim, kemudian turun hingga ke Kampung untuk melakukan sosialisasi dan penanganan kasus tersebut.

“Kami dari puskesmas hanya sebagai fasilitator yang membantu masyarakat dalam hal informasi dan pelayanan. Yang paling penting adalah pemahaman orang tua yang harus meningkat supaya pertumbuhan anak terus bagus. Tidak lebih pendek dari anak pada umumnya, juga berat badannya ideal.” terang Arnan. Rabu (05/08).

Penulis (AW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews