Peringati HSN, Ini Pesan Wakapolres Way Kanan

0
126
Foto: Dokpim.

Way Kanan (HPN) – Wakapolres Way Kanan, Kompol. Fany Indrawan menghadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kelurahan Taman Asri Kecamatan Baradatu Kabupaten setempat. Kamis (22/10/2020).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pjs. Bupati Way Kanan, Mulyadi Irsan, yang dihadiri, Dandim 0427 Way Kanan, Letkol. Inf. Anak Gede Rama, CP, Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan,Nikman Karim, Pimpinan Ponpes K.H Supandi, Kepala Kemenag Way Kanan H.M. Isa, Ketua PCNU KH. Nur Huda, Ketua PDM, Ketua IPNU, Ketua IPPNU, Ketua Fatayat, Ketua Cabang Gp Ansor Way Kanan, Ketua LP Maarif Way Kanan, Ketua PC RNI NU Way Kanan, Camat Baradatu dan peserta upacara sekitar 150 orang.

Dalam amanat Menteri Agama yang dibacakan oleh Pjs. Bupati Kabupaten Way Kanan, Mulyadi Irsan, menyampaikan, bahwa dalam suasana Peringatan Hari Santri tanggal 22 Oktober 2020.

Baca Juga :  Sekdakab Way Kanan Rakor dengan RSUD ZAPA dan BPJS Kotabumi

“Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga rahmat, berkat dan perlindungannya senantiasa menyertai kita semua. Shalawat dan salam, kita sampaikan kepada Rasul Muhammad SAW. Kita patut bersyukur bahwa, kalangan santri memiliki hari yang teramat istimewa, dimana tanggal 22 Oktober telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, menjadi Hari Santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.” ucapnya.

Lanjutnya, tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Lebih lanjut, untuk peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Isu kesehatan diangkat berdasar fakta bahwa Dunia Internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini, tengah dilanda Pandemi Global Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga :  Bupati Waykanan Lantik 30 Kepala Kampung

“Tema ini adalah jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati Pandemi Covid-19 ini dengan baik, InsyaAllah, negara kita juga akan sehat dan kuat” ungkap Pjs. Bupati Way Kanan.

Mewakili Kapolres Way Kanan, AKBP. Binsar Manurung, melalui Kompol. Fany Indrawan beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional tanggal 22 oktober 2020 Santri Sehat Indonesia Kuat.

Peran santri dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Way Kanan sangat terasa, terutama dalam perannya mencegah radikalisme.

“Kami harapkan, Polri bersama santri dapat terus bersinergi dan silaturahmi untuk memperkuat semangat kebangsaan, mempertebal rasa cinta terhadap tanah air dan mempererat tali persaudaraan, keberagaman baik suku, agama maupun budaya,” terang Fanny. (Zainal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here