Nobar Penghargaan Kampung Pancasila Dan Dialog Kebangsaan Di Gelar Kodim 0429/Lamtim

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Nonton bareng (Nobar) yang diselenggarakan Kodim 0429/Lamtim berlangsung di ruang transit, Makodim, Jum’at malam, (8/12/2023).

Selain Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH turut hadir dalam nobar, seluruh Pa Staf, bendahara PWI Lamtim, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Sementara kegiatan Pemberian Penghargaan Kampung Pancasila tahun 2023 dan Dialog Kebangsaan yang berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) selain Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, juga turut dihadiri para tokoh sesepuh bangsa Indonesia, seperti mantan Wapres ke-6 RI, Jenderal TNI (Purn.)Try Sutrisno. Para tokoh agama, tokoh budaya, perwakilan Pemda, serta pejabat tinggi negara seperti Kepala BPIP Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Wantimpres Muhammad Luthfi Ali Yahya (Habib Luthfi), dan Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Whisnu Bawatenaya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sejatinya merupakan Investasi luar biasa dari para pendiri bangsa sebagai pemersatu bangsa. Penerapan keduanya dalam kehidupan sehari-hari, terbukti dapat merekatkan masyarakat dari beragam latar belakang suku, ras, maupun agama di Indonesia.

Baca Juga :  Kapolres Lampung Timur: Ingatkan Terus Anggota dan Tidak Ceroboh Dalam Bermedia Sosial

Penyelenggaraan kegiatan yang mengusung tema β€œKampung Pancasila Sebagai Wadah Kebhinnekaan dan Toleransi” ini merupakan inisiasi bersama TNI AD, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) dan PT. Astra Internasional Tbk.

Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, mengatakan,β€œSaya selalu sampaikan bahwa investasi ini (Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika) sungguh luar biasa. Zaman dahulu kala orang sudah berpikir Bhinneka Tunggal Ika, mungkin generasi sekarang tidak terpikir kata-kata itu. Pendiri bangsa kita itu sangat luar biasa, dan kita harus terus merawat, terus meningkatkannya,” ujarnya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Kampung Pancasila merupakan bentuk inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, baik di tingkat desa maupun Kota yang masyarakatnya beragam.

Tujuan akhirnya menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan damai di wilayah itu, dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bersama.

Oleh karena itu, acara ini menjadi ajang apresiasi kepada pemenang lomba Kampung Pancasila, dimana Kasad memberikan penghargaan kepada kampung yang telah berhasil menerapkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila di daerahnya.

Baca Juga :  TNI-Polri Lampung Timur Tanding Bola, Kapolres dan Dandim: Ini Tentang Sinergitas

Harapannya, acara ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa di era teknologi yang semakin masif saat ini.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengatakan pemberian penghargaan oleh pimpinan TNI merupakan wujud nyata dukungan dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa serta sumber segala sumber hukum negara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang”, tuturnya.

Dandim juga mengajak seluruh elemen berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

“Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara,” pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum