Desa Lecah Gelar Musrenbang TA 2021

0
199
Foto: Hasanuddin/HPN.

Muara Enim (HPN) – Desa Lecah Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim melangsungkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa, yang bertempat di Kantor Kepala Desa. Kamis (17/12/2020).

Tampak hadir, Sekcam Kecamatan Lubai Ulu, Rudi Hariyanto, Kapolsek Rambang Lubai, AKP. Apriansyah, Babinsa, Babinkamtibmas, Ketua BPD Lecah dan Anggota PKK, TKS, PLD, PD, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Lecah Edi Hermanjaya, mengatakan, bahwa rapat hari ini membahas tentang tahun anggaran 2021.

“Acara ini merupakan agenda setiap tahun untuk menyusun anggaran tahun berikutnya.” ujarnya.

Selanjutnya, Edi menambahkan, pada musrenbang kali ini untuk menyepakati kegiatan skala prioritas, baik yang didanai oleh Dana Desa, APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun dari APBN yang diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan.

Sementara Sekcam Rudi Hariyanto menyampaikan, agar kepada pihak Pemdes untuk menselaraskan pembangunan Desa, dimana harus sesuai dengan tahapan dan tatanan RKPDes serta melaksanakan dari rancangan pembangunan dengan skala prioritas.

Baca Juga :  Tiga Kecamatan MoU dengan Kejari Muara Enim

Masih ditempat yang sama, Kapolsek Rambang Lubai, AKP. Apriansyah menghimbau, agar usulan yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan harus memprioritaskan kepentingan masyarakat.

Dilanjut oleh Ketua BPD menyampaikan, bahwa program yang di usulkan sudah bagus, kemudian program yang akan datang melaksanakan sesuai program Proyek dari Pemerintah Pusat dan Kabupaten yang di alokasikan untuk desa-desa. Program pada Tahun 2020 banyak yang di alihkan ke Bantuan BLT DD dan Bantuan Desa Berupa Sembako.hal ini sebabkan oleh Covid-19.

Ia berharap, semoga Covid-19 secepatnya dapat berlalu sehingga anggaran-anggaran bisa di salurkan untuk pembangunan Infrastruktur dan lain-lainnya.

“Musrenbangdes ini sudah bagus dan sudah terakomodir dengan baik, namun karena Covid-19 ada usulan masyarakat terpending dan di alihkan kepada Bantuan BLT DD. Di sisi lain Pembangunan sudah mulai bagus dan baik, semua fasilitas di perhatikan hanya saja beberapa hal yang perlu diperbaiki terkait masalah wilayah, tetapi alhamdulilah masyarakat sudah menerima setiap pembangunan yang ada, menurut pengamatan dari masyarakat Desa Lecah dari 11 Desa di Kecamatan Lubai Ulu, Desa Lecah aktif di setiap kegiatan baik berupa pembangunan, perkebunan, bedah rumah, Desa Lecah Aktif, semoga di tahun 2021 tetap kepada berbagai macam hal, salah satunya infrastruktur dapat terealisasikan untuk 12 Rt dan 4 Dusun. Dan kedepannya dapat lebih di tingkatkan pelayanan masyarakat, Program yang bersifat merata, dan tetap kita perhatikan asas manfaat dan asas keadilan di masyarakat.” ungkap Apriyandi panjang, mewakili masyarakat. (Hasanuddin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here