Menteri Suharso Usulkan Strategi Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

Foto, Menteri Suharso

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Jakarta -(HPN)- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa menghadiri Rapat Terbatas virtual, yang membahas tentang Strategi Penurunan Kemiskinan Ekstrem, Rabu (21/07/2021).

Menteri Suharso mengatakan, penduduk miskin ekstrem meningkat sekitar 1,3 juta orang selama pandemi.

Berdasarkan kajian Bappenas, sebanyak 42% kepala rumah tangga dengan miskin ekstrem memiliki pendidikan terakhir SD, dan 30% tidak lulus SD. Selain itu, masyarakat dengan miskin ekstrem sebagian besar berusia dibawah 24 tahun dan merupakan pekerja informal di bidang pertanian.

Menteri Suharso mengusulkan, strategi pengentasan kemiskinan ekstrem berdasarkan kewilayahan berupa integrasi bansos, layanan dasar, dan pemberdayaan ekonomi yang mencakup UMKM dan diklat vokasi.

Baca Juga :  MoU Kerjasama Antara Dewan Pers Dan Polri, Jurnalis Harus Dilindungi

Dalam kesempatan tersebut, Menteri juga menjelaskan langkah jangka pendek yang diperlukan untuk penanganan Covid-19 sehingga dapat mencegah tingkat kemiskinan yang lebih dalam.

Pertama, strategi vaksinasi dan kebijakan pembatasan sosial perlu disusun secara komprehensif dan terintegrasi meliputi PPKM, penerapan protokol kesehatan ketat dan Program Vaksinasi Nasional untuk mencapai 75% cakupan vaksinasi.

Kedua, pemberian bantuan sosial yang tepat sasaran untuk menjaga daya beli masyarakat bawah dan mencegah peningkatan kemiskinan yang lebih banyak

Ketiga, memperlebar ruang fiskal (ruang defisit) agar intervensi pemerintah sebagai penyelamat dapat lebih fleksibel dan akomodatif, penyelamatan krisis dengan ruang intervensi lebar dalam jangka pendek lebih prioritas dibandingkan fiscal sustainability.

Baca Juga :  Menteri Suharso Hadiri Upacara HUT Ke-76 Indonesia Merdeka

Keempat, kebijakan belanja negara yang lebih longgar (Government Spending Policy) untuk memberikan kesempatan kerja dan stimulus perekonomian.

Menutup paparannya, Menteri optimis penanganan pandemi Covid-19 secara cepat dan tepat akan menghindari peningkatan kemiskinan ekstrim di Indonesia.

Rabu, 21 Juli 2021
*Tim Komunikasi Publik*
Kementerian PPN/Bappenas
Https://linktr.ee/suharsomonoarfa

Follow:
Instagram Menteri PPN: @suharsomonoarfa
Twitter Menteri PPN: @Suharso_M
Fanpage Menteri PPN: Suharso Monoarfa (DBS)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum