Dampingi Kasrem 043/Gatam Dandim 0429/Lamtim Hadiri Upacara HUT SPORC Ke-18

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Upacara peringatan HUT Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) ke-18 berlangsung di Lapangan Apel TNWK Plang Ijo Desa Labuhan ratu-IX, Kecamatan Tridatu Kabupaten Lampung Timur, Kamis (18/1/2024).

Hadir dalam kegiatan, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, S.E., Msc., Ph.D, Ditbinpotmaskorbinmas Baharkam Mabes Polri Brigjend Pol Edi Murbowo, Kasrem 043/Gatam Kol Inf. Enjang, S.IP, Lemdiklat Polri Kombes Pol Ivan, Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi Indra Puji Triwanto, S.H, Wakapolres Lamtim Kompol Sugandhi, Danramil 429-01/Labuhan Ratu Lettu Inf. Sugiri, Kapolsek Labuhan Ratu Iptu Sukaryadi, Kadis Kehutanan Provinsi Lampung Yanyan Ruchyansyah, Kajari Lamtim Agus Baka, Kadis BPBD Lamtim Edi Susilo, Plt. Kepala Balai TNWK Hermawan serta segenap tamu undangan.

Upacara HUT SPORC ke 18 di Taman Nasional Way Kambas. Pelaksanaan Upacara HUT SPORC di TN Way Kambas bentuk komitmen kita bersama untuk melindungi dan menjaga Taman Nasional sebagai kekayaan Bangsa dan Benteng Terakhir Keanekaragaman Hayati (Kehati) Indonesia.

Baca Juga :  Jabat Dansubsatgas Helly Ped, Dandim 0429/Lamtim: Tugas Pengamanan VVIP Adalah Kehormatan

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutananan Alue Dohong, S.E., Msc., Ph.D saat bertindak sebagai Irup pada peringatan hari jadi SPORC ke-18 tahun 2024.

“HUT ke-18 SPORC mengambil Tema, β€œSPORC Siaga Rimba Terjaga” menunjukkan kepada kita semua bahwa SPORC yang merupakan POLHUT dengan kualifikasi khusus memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelestarian sumber daya hutan dan lingkungan”,ucapnya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Lebih lanjut Wamen LHK menjelaskan”Saya selaku penanggung jawab SPORC menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada jajaran SPORC yang senantiasa siap siaga bergerak cepat, tepat dan akurat menjaga kelestarian ekosistem sumberdaya alam hutan, lingkungan hidup serta Keanekaragaman hayati yang terkandung di dalamnya”,ungkap Wamen.

Wamen menambahkan, penguasaan teritori oleh SPORC juga memerlukan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak yang terkait.

Baca Juga :  Kapolres Lamtim Pimpin Upacara Pemberian Penghargaan Dan PTDH

“Baik di tingkat pusat, daerah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, media maupun masyarakat, untuk membangun kesadaran, partisipasi, dan dukungan terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan kawasan hutan”, pungkasnya.

Sementara Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H pada kesempatan yang sama mengucapkan HUT SPORC ke -18 tahun.

“Atas nama Komandan beserta keluarga besar Kodim 0429/Lamtim saya mengucapkan Dirgahayu ke-18 SPORC. Semoga sinergi yang sudah terjalin akan lebih meningkatkan keamanan hutan secara cepat, tepat dan akurat khusunya wilayah Taman Nasional Way Kambas (TNWK)”,pungkas Dandim.

Sebagai informasi, dibentuk pada tahun 2002 dengan nama Satgassus Polhut Dadali, satuan ini kemudian dikembangkan menjadi SPORC pada tahun 2005 dan dibagi dalam 16 brigade berdasarkan wilayah kerja teritorial di seluruh Indonesia. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum