Latihan Bersejarah Antara TNI-AD dengan U.S Army di Batu Raja

Foto, Latihan TNI-AD Gabungan US Army

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Batu Raja- (HPN)- Prajurit Angkatan Darat Indonesia (TNI-AD) dan Amerika Serikat (U.S. Army) akan mengikuti latihan bersama Garuda Shield 2021 dari 1 hingga 14 Agustus 2021 di Pusat Latihan Tempur Baturaja, Amborawang, dan Makalisung.

Latihan yang disponsori oleh U.S. Army Pacific ini, yang melibatkan sekitar 2.161 prajurit TNI AD dan 1.547 US Army, bertujuan meningkatkan kemampuan interoperabilitas gabungan melalui pelatihan dan pertukaran budaya.

Baca Juga :  Pemkab Pesibar Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian

Latihan ini terus memperkuat Kemitraan Pertahanan Utama AS-Indonesia serta mendorong kerja sama dalam mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Garuda Shield 2021 memberikan peluang yang sangat baik untuk pertukaran profesional dan budaya yang memperkuat kemitraan kedua negara melalui pembelajaran dan pelatihan bersama.

Pelatihan dimulai dengan pertukaran akademik ahli dan pelatihan pengembangan profesional yang berfokus pada pelatihan pada tingkat korps dan di bawahnya; memerangi ancaman konvensional, non-konvensional dan hibrida; serta bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana. Latihan Pos Komando (CPX) akan fokus pada tugas staf operasi penjaga perdamaian PBB dalam konteks militer gabungan.

Baca Juga :  Pra Pensiun, Sekdakab Asahan Pimpin Apel ASN 

Geladi Lapangan (FTX) akan melibatkan gabungan elemen-elemen yang menjadi kekuatan masing-masing unit militer, keterampilan fundamental perang untuk meningkatkan interoperabilitas, serta kapasitas operasional gabungan. CPX dan FTX akan berjalan secara bersamaan.  (Hasanuddin)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum