Foto, DPR RI Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kota Metro
Foto, DPR RI Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Kota Metro

METRO-(HPN)- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Metro. Peninjauan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, Kamis (16/9/2021).

Dari pantauan media, vaksinasi Covid-19 tahap 1 terhadap ribuan warga Metro tersebut digelar oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota setempat. Pelaksanaan vaksinasi itu tersebar di 5 Kecamatan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan jadwal kehadiran peserta sesuai jam yang telah ditentukan.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, SE menyampaikan, upaya pemerataan vaksin terhadap masyarakat merupakan tanggungjawab semua pihak termasuk didalamnya ialah legislatif.

“Yang namanya vaksin itu bukan hanya menjadi tanggungjawab kepala daerah, tetapi tanggungjawab kita semua. Apalagi saya sebagai wakil rakyat yang turut serta membantu pemerintah kabupaten, kota dan provinsi,” kata Sudin saat diwawancarai awak media usai melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 di Aula Kelurahan Ganjar Agung, Kecamatan Metro Barat, Kamis (16/09/2021).

Pria yang juga merupakan Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung tersebut juga mengaku, penyelenggaraan vaksinasi oleh partai politik bukan hanya di Metro, melainkan telah berlangsung disejumlah wilayah di Lampung.

Baca Juga :  Walikota Metro Serahkan Hibah 1Unit Kendaraan Randis, Ke MUI Kota Metro

“Ini bukan yang pertama kali, kemarin sudah kita lakukan di Tanggamus, Lampung Selatan, Pesawaran dan Metro. Besok saya di Lampung Barat, kemudian di Bandar Lampung,” ujarnya.

Sudin berjanji, jika kedepan stok vaksin Covid-19 di Metro kurang akibat antusias masyarakat yang tinggi, pihaknya siap melakukan koordinasi untuk menambah stok vaksin di Kota Metro.

“Bisa, karena kami sebagai petugas partai, sesuai dengan perintah ibu ketua umum harus selalu bekerja untuk rakyat. Cara pengajuannya begini, jika data yang hari ini belum masuk ke kementerian, gak boleh minta dulu. Setelah masuk, baru saya ajukan lagi permohonan untuk Metro. Yang ini harus tuntas dulu pelaporannya,” kata Ketua Komisi IV DPR RI.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPC PDI-P Kota Metro, Anna Morinda menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh partai berlambang banteng tersebut tersebar di 5 Kecamatan se-Metro.

Baca Juga :  Wahdi Walikota Metro!! Sambut Pembangunan Masjid Nurul Iman Penuh Ikhlas

“Hari ini PDI Perjuangan Kota Metro secara serentak menggelar vaksinasi Covid-19 di lima kecamatan se Metro. Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi dan prosesnya berjalan dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Anna mengatakan, vaksinasi Covid-19 kali ini untuk tahap pertama yaitu 1.000 dosis. Nantinya, pelaksanaan vaksinasi serupa juga akan kembali digelar.

“Untuk vaksinnya jenis Sinovac, hari ini 1.000 dosis untuk tahap pertama. Dan untuk 1.000 dosis pada tahap kedua Insyaallah akan secepatnya digelar,” pungkasnya.

Sementara itu, ditempat terpisah juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Metro, drg. Erla Andrianti menjelaskan bahwa target vaksinasi Covid-19 di Metro mencapai 125.776 orang. Namun, hingga 13 September 2021 baru mencapai 53.024 orang yang di vaksin tahap 1.

“Target vaksinasi di Metro mencapai 124.776 orang. Capaian sampai dengan 13 September 2021, untuk tahap satu baru 53.025 dosis, artinya baru 42,5%. Sementara untuk vaksinasi tahap 2 baru 34.785 atau 27,88%. Sedangkan target kita 100%,” tandasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here