Foto, LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT,PROVINSI LAMPUNG
Foto, LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT,PROVINSI LAMPUNG

Senin, 18 Oktober 2021, Jam 09.00 WIB
Halopaginews.com|Bapak Presiden Republik Indonesia m-emberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang “AMAN SAAT BELANJA ONLINE” oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Hervin Yoki Pradikta, M.H.I., C.M., menjelaskan manfaat belanja online, antara lain lebih hemat waktu dan uang, pilihan toko dan produk lebih beragam, mendapatkan harga termurah, serta lebih mudah dalam pembayaran. Tips aman belanja online, meliputi pastikan online shop dapat dipercaya, baca dengan cermat kebijakan yang diberlakukan oleh situs tempat belanja, waspada pada barang yang murah, baca deskripsi produk yang akan dibeli, pilih cara pembayaran yang paling aman, serta simpan bukti transaksi. Tiro Sanchabakhtiar, menjabarkan tips dan trik untuk menghindari penipuan online, antara lain bangun komunikasi detail, cermat dalam memeriksa tawaran, cek kebenaran rekomendasi atau testimoni, cek tawaran sejenis, periksa kembali barang yang akan dibeli, serta bisa memeriksa saldo dan mengorder sesuatu dari publik wifi gratis.
Cara agar dapat menabung disamping kegiatan belanja online, antara lain prioritaskan menabung, langsung pisahkan uang untuk ditabung setelah menerima penghasilan atau gajian, pisahkan rekening, antara rekening belanja dengan rekening tabungan agar tidak mengganggu tabungan, serta jangan biarkan pengeluaran tidak terkendali dan utang menumpuk dikarenakan sering transaksi nontunai untuk keperluan konsumtif. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ana Livian sebagai Mom Influencer memberikan sharing session, mengenai pentingnya memperhatikan beberapa hal sebelum belanja online, seperti membaca deskripsi secara detail. Jangan sampai belanja online menjadi kegiatan konsumtif yang membuat masyarakat menjadi lebih boros dan membeli barang yang tidak dibutuhi. Masyarakat harus dapat menabung untuk masa depan.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

Jumat, (22/10/21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here