Halopaginews.com|Rabu, 8 September 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu Ir. H. Arinal Djunaidi., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJADI CERDAS DI ERA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Menurut Zul Ichwan SY, S.Kom sebagai Master Trainer – US AID YEP Project, menjelaskan beberapa cara Pengembangan potensi diri di era digital, antara lain bangun citra diri, gabung dalam suatu forum, perbarui teknologi, multitasking, dan manners still matters. terapkan kebiasaan yang baik dengan cara kenali diri sendiri, cari tahu kelemahan dan kekurangan diri, open minded, dan jangan pernah takut untuk mencoba.  Aspek kecerdasan digital, meliputi identitas, privasi, berpikir kritis, rekam Jejak, kepedulian, keamanan, etika, serta penggunaan waktu. Hal yang perlu diterapkan dalam meningkatkan kemampuan digital, antara lain berpikir bijak, berpikir kritis, berpikir cerdas, berpikir akibat, serta berpikir manfaat.
Hal penting dalam menggunakan media sosial, antara lain junjung etika dalam berkomunikasi, hindari penyebaran sara, pornografi, dan aksi kekerasan, periksa kebenaran berita, menghargai hasil karya orang lain, jangan mengumbar informasi pribadi, serta upaya bijak dalam menggunaka media sosial. Upaya bijak dalam menggunakan media sosial, antara lain menghargai, inspirasi, kredibel, imbang, dan rasional.
Cara mendidik digital literasi pada anak di era digital antara lain, sebisa mungkin orang tua dapat mengetahui serta memahami perkembangan teknologi terbaru, memberikan pemahaman mengenai privasi online, menjadi panutan atau contoh bagi anak dalam menggunakan teknologi, serta memberikan batasan penggunaan media teknologi informasi seperti menggunakan gawai secara berlebihan.

Baca Juga :  Oknum Anggota DPRD Tubaba Berprilaku Sombong

Selasa,26/10/21

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here