Halopaginews.com.Kamis, 28 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi. yang memberikan sambutan pembuka dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Di masa pandemi yang masih berangsur, pentingnya memahami keterampilan digital bagi pengguna internet. Menurut Dwi Haryani, sebagai Pegawai Negeri Sipil, menjelaskan menjadi terampil digital memahami literasi digital, sebuah konsep dan praktik yang bukan hanya menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi. Orang yang memiliki kecakapan digital yang bagus tidak hanya mampu mengoprasikan alat, tapi juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab. Ada empat prinsip etis bermedia digital seperti kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan. Di masa pandemi memahami batasan dalam kebebasan berekspresi di dunia digital perlu diperhatikan. Batasan dalam kebebasan berekspresi di dunia digital, adalah ketika kita dapat bertindak atau menyampaikan sesuatu tanpa rasa takut tetapi harus sesuai aturan dan norma yang berlaku serta menghargai hak dan kebebasan orang lain. Dalam kebebasan berekspresi penting karena empat hal yakni, kebebasan penting sebagai cara menjamin pemenuhan diri, untuk pencarian kebenaran, agar dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, memungkinkan masyarakat untuk mencapai stabilitas dan adaptabilitas.
Seiring dengan kemajuan teknologi, bentuk komunikasi tidak lagi menggunakan mulut tetapi jari jemari. Bahasa menjadi satu hal yang penting dalam berkomunikasi. Dalam artian, bahasa ini sebagai simbol agar orang yang berkomunikasi saling memahami satu sama lain terkait maksud dan pesan yang ingin disampaikan. Dengan adanya bahasa, kita bisa menghindari kegagalan komunikasi. Terdapat bahasa baik dan bener di antaranya sesuai aturan, kaidah bahasa, kecendekiaan, konteks, ragam bahasa, dan pesan. Saat ini terjadinya perubahan penggunaan bahasa yang terjadi di dunia maya seperti penggunaan kata singkatan atau pemendekan kata yang tidak sesuai, penggunaan emoticon, adanya sisipan bahasa inggris, dan muncul istilah baru dalam media sosial.

Baca Juga :  Berkebun menyenangkan dan Menyehatkan bersama MA'PARACA Poltekpar Makassar

Sabtu, 30/10/21

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here