Halopaginews.com.Selasa, 09 November 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang MENJAGA KEAMANAN DIGITAL ANAK-ANAK oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Sebagai orang tua memiliki tantangan di era digital antara lain, kemudahan akses internet, bebas terkoneksi tanpa aturan, anak lebih pintar dari orang tua, dunia user generated content, dan anak ingingkan kebebasan. Yang harus dilakukan adalah menambah pengetahuan tentang perangkat digital, mengarahkan penggunaan media digital yang jelas, telusuri aktivitas anak di dunia maya, dan gunakan perangkat digital sesuai kebutuhan. Tips menjaga keamanan digital bagi anak-anak di dunia maya yaitu, lindungi identitas digital anak, ketahui siapa lawan bicara anak, tunjukkan konten yang sesuai dengan usianya, dan menanamkan nilai-nilai penting dalam menggunakan media digital. Beberapa foto anak yang tidak boleh diunggah di media sosial diantaranya, foto anak tanpa busana, foto anak orang lain, foto identitas pribadi, aktivitas tak aman, dan foto anak sedang sakit, menurut Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi. Psikolog sebagai Psikolog.
H. Raseno Arya, SE., MM sebagai Asdep Personal Kemenpar 2015-2018 dan Pemerhati Pariwisata menuturkan, media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Kejahatan umum yang dilakukan di media sosial diantaranya, ancaman online, peretasan, membeli barang ilegal, pembuatan profil palsu, dan persahabatan online palsu. Menurut Drs, Indra Jamal Nur sebagai Kasi Pengembangan Segmen Pasar Pariwisata, literasi digital merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat- alat komunikasi atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya. Key Opinion Leader oleh Nelly Carey sebagai Influencer menambahkan, sebagai orang tua harus mengawasi anaknya dari penggunaan gadget, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, banyak sekali konten-konten yang berbahaya yang bisa anak akses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here