LITERASI DIGITAL KABUPATEN TULANG BAWANG – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kamis, 11 November 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang BIJAK SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Pembahasan mengenai bijak sebelum mengunggah di media sosial dengan menerapkan, mengetahui konten yang ingin diunggah tidak menyebar hoax atau kebohongan, mengunggah konten yang bermanfaat bagi orang lain, bertanggung jawab pada konten yang diunggah, konten yang diunggah dapat membantu orang lain, serta mengunggah konten secara bijak dan sopan. Tidak hanya dalam mengunggah, mayarakat juga diharapkan dapat bijak dalam berkomentar di media sosial. Budhi Widi Astuti, MA., CPS sebagai Kepala Departemen Komunikasi, Universitas Kristen Satya Wacana memaparkan, fungsi literasi digital yaitu meningkatkan kemampuan kognitif sumber daya manusia di Indonesia agar keterampilannya tidak sebatas mengoperasikan gawai. Fitur proteksi hardware diantaranya, kata sandi, pencocokan sidik jari, dan pencocokan wajah,
Etika adalah dasar untuk menciptakan model optimal hubungan manusia yang adil; etika terletak pada dasar kesadaran moral masyarakat. Mereka adalah prinsip bersama yang diperlukan untuk saling pengertian dan hubungan yang harmonis. Salah satu dilema etika saat ini berkisar pada bagaimana bisnis menggunakan informasi pribadi. Saat kita menelusuri situs internet, melakukan pembelian online, memasukkan informasi di situs web, dan berpartisipasi dalam media sosial, kami terus memberikan detail pribadi, menurut Aditya Pratama, S.E., M.A sebagai Dosen Universitas Muhammadiyah Lampung, UIN Raden Intan. Ramdan, M.Sos sebagai Dosen Universitas Islam Negeri Lampung menjelaskan, digital adalah bentuk modernisasi atau pembaharuan dari penggunaan teknologi di mana sering dikaitkan dengan kemunculan internet dan komputer. Key Opinion Leader oleh Chika Ve sebagai Influencer menambahkan, sebagai pengguna media sosial, kita harus memiliki etika dalam menggunakannya. Dengan cara tidak mengunggah konten SARA atau berita bohong, tidak berkomentar negatif terhadap akun orang lain, dan tidak menggunakan data pribadi orang lain untuk kepentingan diri sendiri.

Dilaporkan oleh : safril