Walikota Metro Didampingi Wakil Walikota Metro, Hadiri Pembukaan Pencanangan Kampung Literasi Metro

Foto, Walikota Metro Didampingi Wakil Walikota Metro,Pembukaan Pencanangan Kampung Literasi Metro

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Walikota Metro Wahdi didampingi Wakil Walikota Qomaru Zaman dan Bunda Literasi Silfia Naharani Wahdi hadiri Pembukaan Pencanangan Kampung Literasi Metro yang mengusung tema “gerakan masyarakat pembelajaran sepanjang hayat”, di Bumi Perkemahan Bantul, Senin (29/11/2021).

Pada kesempatan tersebut Amin Budi utomo selaku Ketua pelaksana kegiatan dalam laporannya menjelaskan, kampung literasi merupakan program yang diinisiasi Direktorat Pendidikan masyarakat yang di literasi di sebuah kampung.

Adapun maksud dan tujuan ditetapkannya nama kampung karena kampung membawa sebuah culture di masyarakat, dimana peradaban dan keakraban lebih mudah di akses oleh siapapun.

Beberapa program yang telah dilaksanakan yang berkaitan dengan peningkatan enam literasi dasar yakni literasi digital, literasi finansial, literasi budaya, literasi baca, literasi sains dan literasi nomerasi.

“Semua cakupan tersebut mengajak kita semua pada hari ini untuk mengarahkan serta membimbing masyarakat sampai tingkat dasar yang berkaitan dengan kecakapan hidup, dan untuk diketahui kami berlokasi di PKB Mrona Mulyojati yang mencakup Kecamatan binaan yakni Kecamatan Metro Pusat dan Kecamatan Metro Selatan. Semoga kampung literasi memberikan manfaat bagi masyarakat Metro, ” Ujarnya.

Baca Juga :  Walikota Metro Terima Audensi Universitas Muhammadiyah Metro

Sementara itu Wahdi mengatakan, Kampung Literasi merupakan kawasan yang digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang luas, dengan berbagai kegiatan yang berkesinambungan sebagai upaya untuk menjaga agar kegiatan literasi di masyarakat terus berdenyut dan bergerak.

Oleh karena itu, Pencanangan Kampung Literasi ini adalah salah satu upaya untuk membudayakan Literasi dalam rangka mendukung visi pembangunan Kota Metro yakni Terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera, dan Berbudaya.

Dengan adanya Kampung Literasi diharapkan dapat memotivasi masyarakat dalam menciptakan budaya belajar di segala aspek mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Hal ini akan membantu individu dan masyarakat untuk mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri, dan membantu meningkatkan jejaring sosial yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan.

Baca Juga :  Walikota Metro, Tinjau Lokasi Pembangunan Drainase Dan Pembangunan Jalan

“Saya mengajak seluruh pihak, seluruh warga Kota Metro yang saya cintai untuk bersinergi, bekerjasama demi mewujudkan masyarakat yang literat guna mewujudkan Metro sebagai Kota Literasi.

Saya juga berharap semoga melalui Pencanangan Kampung Literasi ini dapat menambah semangat serta menggugah kesadaran kita akan pentingnya budaya literasi dan menumbuh-kembangkan minat belajar masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, ” Ucapnya.

Kepala Bidang Tekhnis Fungsi Keaksaraan dan Budaya Baca Direktorat PMPK Kemendikbudristek Dikti RI Andri Gunawan mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Metro yang telah mendukung hingga terlaksananya kegiatan Pencanangan Kampung Literasi Metro yang mengusung tema gerakan masyarakat pembelajaran sepanjang hayat, sehingga dapat terselenggara dengan baik.

“Saya atas nama Direktorat PMPK Kemendikbudristek Dikti RI mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah daerah, Mari kita wujudkan kota literasi, kota yang kreatif, ” Pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum