Jumat, 03 Desember 2021, Jam 09.00 WIB
Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.
Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc dan Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.
Webinar membahas tentang PRIVASI DAN KEAMANAN DI DUNIA DIGITAL oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.
Hervin Yoki Pradikta, M.H.I., C.M sebagai Founder Pustaka Kampus Akdemisi UIN Raden Intan Lampung menuturkan tips menjaga privasi dan keamanan di dunia digital antara lain, cermat dan waspada, aktifkan cyber security, virus screening dan perbarui operasi sistem, virus screening dan perbarui operasi sistem, dalami kecakapan literasi digital, tidak mengumbar data pribadi, dan serta baiknya periksa status rekening bank secara rutin. Dr. Abna Hidayati, M.Pd sebagai Ketua Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP menjelaskan, media sosial adalah sebuah media online para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan. Manfaat internet di antaranya menarik minat peserta didik dalam belajar, media diskusi antara guru dan siswa, mempermudah penyampaian pembelajaran, dan menyediakan ragam akse multimedia dalam pembelajaran.
Drs. Nazran, M.Si sebagai Plt. Kepala SMPN 26 memaparkan melindungi komputer dan jaringannya dengan tujuan mengamankan informasi yang berada di dalamnya. Jejak digital di dunia maya akan tetap ada, walaupun telah dihapus oleh pemiliknya. Cara merawat jejak digital antara lain, hapus aplikasi yang tidak di pakai, gunakan kombinasi yang kuat untuk kata sandi, dan cari tahu jejak digitalmu dengan ketik nama di mesin pencarian. Key Opinion Leader oleh Azmy Zen sebagai Presenter menambahkan, sebagai pengguna media sosial kita harus tahu batasan dan etika. Jangan menyebarkan data pribadi ke teman ataupun media sosial. Hal ini untuk melindungi kita dari penipuan di ruang digital dan juga penyalahgunaan data pribadi oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here