LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG SELATAN – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Halopaginews.com
Kamis, 2 Desember 2021, Jam 13.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc., sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar AMAN SAAT BELANJA ONLINE yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Intan Sari Andini, S.H., menjelaskan aktivitas masyarakat menggunakan gawai berbasis digital, meliputi memenuhi kebutuhan, memudahkan penjual dan pembeli, belanja tanpa bertatap muka, serta belanja dengan cepat dan mudah. Etika pelayanan dalam berbisnis digital, meliputi jujur, ramah, sopan, menjawab pertanyaan konsumen, menerima komplain, packing rapi dan aman, serta merahasiakan data konsumen. Pelayanan bisnis digital harus menerapkan etika demi kepuasan konsumen dan beretika dalam memberikan kepuasan pelanggan. Dr. Lita Sari Muchlis, M.Kom., menjelaskan tips belajar online bagi pelajar antara lain buat area belajar senyaman mungkin, atur jadwal dan buat rencana dengan meluangkan waktu untuk aktivitas sosial di sekitar. Makan dan tidur yang cukup untuk kebugaran tubuh sebagai keseimbangan melakukan kegiatan digital. Cerdas dalam digital, dengan cara kritis, menjaga keamanan informasi pribadi, kreatif, dan berkolaborasi.
Herry Susanto, M.Pd., menjelaskan peran komunitas akademik, antara lain menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan, konten kreator, dan mengedukasi paradigma baru. Kompetensi guru, meliputi pedagodik, kepribadian, sosial, dan professional. Sepri Reski, S.Pt., M.Pt., menjelaskan cakap berinternet, dengan cara mampu memanfaatkan internet dengan baik, mampu menciptakan karya baru yang berpotensi memberikan manfaat dan nilai tambah, serta produktif dalam mandapatkan dan memberi manfaat yang maksimal dari penggunaan teknologi dan internet. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Tya Yustia sebagai Konten Kreator dan TV Presenter yang memberikan sharing session, mengenai pengguna internet harus bijak dan cerdas saat berbelanja online. Hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja online, meliputi cek reputasi toko, berbelanja di toko terpercaya, tidak menggunakan rekening pribadi, cek ulasan toko, serta cek detail informasi produk.

Dilaporkan oleh : safril