Pengendara Harus Ekstra Hati-hati, Kondisi Jalan Akses Marunda Memprihatinkan

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Jakarta-(HPN)- Jalan Akses Marunda di Kecamatan Cilincing banyak jalan rusak dan berlobang. Pak Gubernur Anis Baswedan, tolong pak pantau dan dengarkan keluhan masyarakat pengguna Jalan Akses Marunda yang hingga sekarang ini tak tuntas perbaikan segmen-segmen jalan rusak.

Kondisi Jalan Akses Marunda di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara sangat memprihatinkan dan berbahaya bagi pengendara mobil maupun pengendara roda dua. Apalagi di saat musim penghujan saat ini, badan jalan yang rusak dan berlubang dengan diameter cukup besar tidak jelas terlihat karena tertutup rendaman banjir air hujan.

Bagi pengendara roda dua harus ekstra hati-hati saat berkendara melewati Jalan Akses Marunda arah ke STIP, begitu juga sebaliknya badan jalan menuju Lampu Merah prapatan Kebon Baru Kelurahan Semper Timur banyak jalanan berlubang. Apalagi pada malam hari banyak badan jalan berlobang tertutup oleh air hujan.

Kerusakan parah Jalan Akses Marunda sudah dikeluhkan masyarakat pengguna jalan sejak Januari 2021 lalu. Bahkan jalan ini adalah merupakan lintasan padat kendaraan besar mobil truck dan kontainer dan sering terjadi kemacetan parah.

Baca Juga :  Begal Jambret pesepeda yang viral di Senayan ditangkap Polres Jakpus

β€œSudah lama kerusakan jalan tersebut dikeluhkan masyarakat pengguna jalan, sering terjadi kemacetan ngak ketulungan, bahkan pemotor sering terjatuh kesandung lobang jalan,” tutur Jangkung, warga Semper Timur kepada wartawan, Kamis (9/12/21}.

Dia merasa heran kenapa Pemprov DKI Jakarta dan Walikota Jakarta Utara tidak bisa memperbaiki kerusakan badan Jalan Akses Marunda ini. Ini Jakarta Ibu Kota Negara dan merupakan pusat perdagangan (perekonomian) terbesar Indonesia.

Tapi masih ditemukan banyak segmen-segmen (badan jalan) seperti di Jalan Akses Marunda banyak yang rusak dan berlobang dengan diameter cukup besar.

Menurut Jangkung, Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta memiliki anggaran yang sangat besar, tapi kenapa perbaikan Jalan Akses Marunda tidak kunjung tuntas hingga pertengahan Desember 2021 ini.

β€œPak Gubernur Anis Baswedan, tolong pak pantau dan dengarkan keluhan masyarakat pengguna Jalan Akses Marunda yang hingga sekarang ini tak tuntas perbaikan segmen-segmen jalan rusak,” pinta Jangkung.

Baca Juga :  Polda Metro Jaya Gelar Vaskin Booster Ahir Pekan Menuju Ramadhan Yang Aman
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Selain itu, Kasatpel Suku Dinas Bina Marga Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Riri menjelaskan bahwa Jalan Akses Marunda di Kecamatan Cilincing adalah kewenangan Dinas Bina Marga Pemprov DKI Jakarta. Dan pada bulan Maret 2021, telah dilakukan perbaikan beberapa segmen yang rusak berat jalan tersebut.

Sementara itu, kami di wilayah malakukan perbaikan sementara (darurat) dengan coldmix dan hotmix. Kemarin dan hari ini masih terus dilakukan perbaikan dengan hotmix dengan target Jalan Akses Marunda, Jalan Marunda Makmur, STIP dan Jalan Raya Cilincing. Pekerjaan juga tergantung cuaca dan kepadatan lalu lintas,” ungkap Riri.

Riri menambahkan, anggaran 2022 mendatang, Dinas Bina Marga merencanakan perbaikan permanen (beton) segmen-segmen yang rusak di wilayah Kecamatan Cilincing. (*)

Dilaporkan oleh : safril