Foto, Danramil 411-03/MS Kapten Inf Tri Yuli P, Pimpin Upacara Pembukaan DIKSARMIL Angkatan XXV SMA Taruna Gajah Mada Metro TA.2022
Foto, Danramil 411-03/MS Kapten Inf Tri Yuli P, Pimpin Upacara Pembukaan DIKSARMIL Angkatan XXV SMA Taruna Gajah Mada Metro TA.2022

Kota Metro-(HPN)- Danramil 411-03/MS Kapten Inf Tri Yuli P. mewakili Komandan Kodim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. bertindak sebagai Irup dalam kegiatan Upacara Pembukaan Pendidikan Dasar Militer (DIKSARMIL) Angkatan XXV SMA TARUNA GAJAH MADA METRO TA.2022, yang dilaksanakan pada Selasa, 08 Pebruari 2022 bertempat di SMA TARUNA GAJAH MADA METRO Jl. Jendral Sudirman 14/2 Ganjar Agung Kecamatan Metro Barat, Kota Metro.

Foto, Kodim 0411/KM
Foto, Kodim 0411/KM

Kegiatan Pendidikan Dasar Militer (DIKSARMIL) Angkatan XXV SMA TARUNA GAJAH MADA METRO ini akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung mulai Selasa (08/02/22) s.d. Kamis (10/02/22|) kedepan, dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin dan cinta kepada NKRI, selain itu diharapkan para siswa/siswi ini mempunyai sikap yang tanggap, tanggon dan trengginas sehingga mempunyai semangat dan motivasi belajar yang tinggi.

Di depan Peserta Upacara yang terdiri dari satu Peleton kelas 10 dan 11 serta dua Peleton Kelas 12, Danramil 411-03/MS Kapten Inf Tri Yuli P. dalam amatnya menyampaikan kepada seluruh Peserta Pendidikan Dasar Militer Angkatan XXV SMA TARUNA GAJAH MADA METRO bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk melatih jiwa para Taruna dan Taruni agar terbentuk dan memiliki jiwa yang disiplin, jujur serta tangguh dan memiliki kepribadian yang luhur sehingga dapat menjadi generasi penerus Bangsa.

“Siswa didik yang saya cintai dan saya banggakan, Para anak muda, anak didik kita, penerus kita nanti kedepannya akan menjadi sosok calon-calon pemimpin yang punya sikap dan karakter disiplin, loyalitas dan cinta terhadap tanah air serta bangsa,” buka Kapten Inf Tri Yuli P.

Baca Juga :  Wakil Bupati Hadiri Paripurna DPRD Lampung Timur, Tentang Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perangkat Desa

“Siswa didik yang saya cintai dan saya banggakan, seperti yang saat ini kita ketahui bersama bawasannya perkembangan zaman globalisasi sangat berpengaruh di kalangan para pemuda, sebagai contoh maraknya peredaran narkoba maupun kegiatan-kegiatan yang sifatnya negatif sering kali kita jumpai di lingkungan sekitar kita.

Dan itu bisa saja terjadi dekat dengan kita, untuk itu mari kita semua bekali diri dengan salah satunya adalah pelatihan seperti ini, semoga bisa membentengi diri kita dari pengaruh-pengaruh kegiatan negatif tersebut,” lanjutnya.

“Dalam mengikuti pendidikan Diklat ini, saya minta kalian untuk bersungguh-sungguh, tulus dan ikhlas, disini kalian akan mendapatkan ilmu pelajaran serta pengalaman yang sangat luar biasa, kalian akan mendapatkan pelajaran pembentukan karakter disiplin, loyalitas, kekompakan atau jiwa korsa, pelatihan ini akan kalian rasakan dimasa mendatang, Yakinlah bahwasanya ini sangat berguna dimasa depanmu nanti,” pesannya.

“Mungkin nantinya, kalian ada yang mendaftarkan diri masuk Tentara, Polisi maupun melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, Diklat ini bisa menjadi bekal untuk membiasakan diri kalian semua nantinya, untuk menjadi disiplin perhatikan pepatah uang berbunyi Biasakanlah dirimu maka kebiasaan itu akan membentuk dirimu,” lanjutnya.

Baca Juga :  Dandim 0411/KM Tandatangani Naskah Penyerahan Hasil Karya Bakti TNI Tahun 2021

“Contoh kecil dari kebiasaan yang saya pribadi lakukan, setiap kali sebelum berangkat ke kantor, pasti kegiatan yang saya lakukan adalan menyemir sepatu, hal ini sudah menjadi kebiasaan yang melekat, dikarenakan terbawa dari dulu, maka sampai sekarang akan ada yang mengganjal bila kegiatan kecil tersebut ditinggalkan,” ucapnya.

“Kepada Dewan guru dan pelatih, saya titipkan para peserta untuk dilantih, diajari serta diarahkan sehingga memahami dan juga mengerti terhadap apa yang menjadi tujuan pelatihan maupun harapan sekolah ini, semoga bisa tercapai dengan sukses, terakhir pendampingan harus dilakukan dengan tulus ikhlas serta menjaga semangat didalam dada,” pungkasnya.

Adapun kegiatan Dasar Militer yang akan dilaksanakan selama 3 hari dengan Jadwal Kegiatan sbb :

1. Selasa 8 Februari 2022
– Cheking Peserta
– Persiapan Upacara
– Upacara Pembukaan
– Pengenalan Senjata SP1, SS1, M16, FN.
– Bongkar pasang Senjata
– Ishoma
– Safety Senjata.

2. Rabu 9 Februari 2022
– Cheking Peserta
– Apel Personil
– Senam Senjata
– PBB Senjata
– Ishoma
– PBB Sejata

3. Kamis 10 Februari 2022
– Cheking Peserta
– Apel Peserta
– Navrad ( Navigasi darat)
– Ishoma
– Pengenalan dunia Menembak
– Upacara penutupan. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here