Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji Lampung, Hingga Di Istana Negara Presiden RI

Foto, Masyarakat Adat Buay Mencurung memohon keberpihakkan Presiden Jokowi

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Mesuji Lampung-(HPN)- Masyarakat Adat Buay Mencurung memohon keberpihakkan Presiden Jokowi atas terampasnya lahan mereka oleh Perusahaan Perkebunan Sawit PT Sumber Indah Perkasa (SIP).

Para wakil masyarakat adat Buay Mencurung dari Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, datang ke Istana Merdeka agar bisa kembali mengelola lahan adat yang dikuasai PT SIP sejak 32 tahun lalu.

Mereka datang dengan pakaian adat dan membawa tanah dan tandan buah sawit yang diletakkan di atas wadah penapis beras untuk menyampaikan aspirasi di depan Istana Presiden, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga :  Ketua PJI Tulang Bawang Dampingi LSM HANURAJA Laporkan Dinas Perikanan KeKejati Lampung

Mereka meminta Presiden Jokowi agar perusahaan membayar ganti rugi demi memulihkan kehidupan yang telah dirampas perusahaan sehingga masyarakat kehilangan alat produksi sejak 32 tahun lalu.

Lahan adat Buay Mencurung yang dikuasai PT SIP meliputi 6 umbul, yakni Umbul Pesewo Mencurung, Umbul Medinah, Umbul Kubu Kambing, Umbul Sedang Satu, Umbul Sedang Dua, Umbul Gemuruh yang berada di Desa Talang Batu.

Kasus ini bermula dari penerbitan Surat Keputusan Gubernur No. 503.525/1778/Bappeda/II/1989 tentang Izin Prinsip Pembangunan PR-B Kelapa Sawit di Kecamatan Mesuji tertanggal 12 Juni
1989.

Baca Juga :  Sekretaris Gapoktan-RS Bungkam, Kakan BP3K Sukadana, Ir.: Nggak Ada Pembukuannya!!

Ironisnya, lahan – lahan itu milik masyarakat adat Buay Mencurung yang sudah menjadi lahan turun temurun sebelum Indonesia merdeka.

Aspirasi masyarakat adat Buay Mencurung didampingi Komite Kerja Kawal Program Reformasi Agraria Jokowi/KK-KPRA yang terdiri dari lembaga BARA JP Lampung, Gabungan Petani Lampung (GPL), advokat dan mediator Basuki, dan Ketua Koperasi Perkebunan Masyarakat Adat Buay Mencurun Saidi. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum