Puluhan Anggota Pramuka SMK N 1 Pekalongan Terima Pembekalan Dari Babinsa

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

LAMPUNG TIMUR-(HPN)- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 429-07/Pekalongan Kodim 0429/Lamtim Serma Budi Santoso menghadiri upacara penerimaan tamu Ambalan SMK N 1 Pekalongan, Kamis (20/10/2022).

Tampak hadir Kepala SMK N 1 Pekalongan, Ka UPTD Puskesmas dan Kades Sidodadi serta segenap tamu undangan.

Selain upacara penerimaan tamu Ambalan, Babinsa juga memberikan materi kepada para peserta untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pemuda Pramuka melenial.

Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya dan pertama kali dikenalkan zaman pemerintah Belanda tahun 1923.

Baca Juga :  Hadiri Penetapan Dan Pengambilan Nomor Urut Calon Kades, Ini Pesan Babinsa Sekampung

Tanggal 14 Agustus 1961 dilakukan Pelantikan Mapinas (Majlis Pimpinan Nasional) Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, dilanjutkan penganugerahan Panji-panji Kepramukaan dan defile Pramuka untuk memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat yang diikuti oleh sekitar 10.000 Pramuka.

Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Pramuka yang diperingati hingga sekarang.

Kegiatan Pramuka memiliki banyak sekali manfaat dan masih sangat relevan dalam pembentukan karakter, termasuk generasi milenial saat ini.

Baca Juga :  Kapolsek Dan Camat Serbu Koramil 11/Sekampung

Berikut 7 manfaat kegiatan Pramuka ;

1. Penanaman karakter mandiri
2. Melatih karakter disiplin
3. Melatih karakter gotong-royong
4. Meningkatkan ras kepedulian
5. Belajar mencintai alam
6. Belajar bekerjasama
7. Melatih kepemimpinan

Poin tak kalah penting adalah melatih jiwa kepemimpinan siswa. Setiap anggota pramuka mendapat kesempatan menjadi pemimpin regu. Kesempatan itu akan mengasah gaya kepemimpinan setiap siswa untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah. (Rilis/Eko)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum